Dukung Kelancaran Peparnas XVII, Kemenpora Gelontorkan Rp290 Miliar

FTNews— Mendukung kelancaran penyelenggaraan Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XVII 2024 yang akan digelar 6-13 Oktober 2024 mendatang, Kementerian Pemuda dan Olahraga gelontorkan dana Rp290 miliar. Dana tersebut utamanya untuk penyelenggaraan dan sebagian untuk peralatan.

Peparnas XVII akan mempertandingkan 20 cabang olahraga. Pertandingan itu tersebar di Surakarta, Sukoharjo, Karanganyar, dan Boyolali.

“Kita selaku perwakilan Pemerintah Pusat, Kemenpora menyerahkan angka nominal Rp290 miliar yang akan dikelola dikepanitiaan PB Peparnas. Jumlah itu untuk penyelenggaraan dan sisanya untuk peralatan,” ujar Menpora  Dito Ariotedjo usai menyaksikan penandatanganan perjanjian kerjasama bantuan pemerintah untuk dukungan penyelenggaraan Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XVII 2024, dilansir kemenpora.go.id

Penandatanganan dilakukan antara Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) pada Asisten Deputi Olahragawan Andalan Kemenpora Darmo Susilo, PPK pada Asisten Deputi Standarisasi Akreditasi Sertifikasi Prasarana dan Sarana Olahraga Kemenpora Bastaman Harahap, serta Ketua Pelaksana PB Peparnas XVII DB Susanto. Hadir juga tadi sebagai saksi dari Kejagung dan juga Bareskrim.

Menpora Dito menyebut, perhelatan Peparnas XVII ini akan tetap dipantau oleh Tim Satgas Tata Kelola, yang mana sebelumnya juga bertugas pada ajang PON XXI Aceh-Sumatera Utara.

“Kami sampaikan ulang seperti saat PON, Satgas Tata Kelola masih bekerja, karena dalam Keppres nomor 24 itu Satgas Tata Kelola untuk PON dan juga Peparnas. Jadi kami sampaikan diawal akan ada pendampingan dan akan di monitor,” ucap Dito.

Lebih lanjut, Menpora Dito yakin panitia pelaksana bisa bekerja dengan maksimal. Mereka akan fokus dalam pengelolaan penyelenggaraan. Sebab, untuk venue-venue sudah dalam keadaan siap dan tidak ada pembangunan ulang.

“Semua venue yang ada di Jawa Tengah itu siap, karena sebelumnya sudah pernah menjadi tuan rumah ASEAN Para Games. Sehingga nanti PB Peparnas fokus dalam mengelola penyelenggaraan event,” jelas Menpora Dito.

BACA JUGA:   Tiga Sapi Simental dan Limosin Bobot 1,1 Ton Terpilih Jadi Sapi Kurban Presiden

Sementara itu, Ketua Pelaksana PB Peparnas XVII DB Susanto menyatakan pihaknya siap dalam menyukseskan ajang tersebut. Dia bilang anggaran itu akan digunakan sesuai dengan peruntukannya.

“Kami sudah membentuk beberapa bidang seperti akomodasi, konsumsi, pertandingan dan lainnya. Solo dan sekitarnya sudah siap termasuk penginapannya. Begitu juga dengan venue yang sudah dilakukan monitoring,” katanya.***

 

Artikel Terkait

Pawai Obor Peparnas XVII Dimulai, Lintasi Beberapa Wilayah Diinapkan di Stadion Manahan

FTNews, Grobogan--- Penjabat (Pj) Gubernur Jateng Nana Sudjana mengambil...

Kocak! Tiga Kata Jurnalis Asing Usai Coba POM Bensin di Mandalika

FT News - Salah satu acara olahraga terbesar di Indonesia...

FIFA Akan Putuskan Nasib Sepakbola Israel Dalam Waktu Dekat

FT News - Setelah penantian lama, FIFA akan putuskan nasib...

Kalahkan Persikabo 4-1, PSMS Medan Jaga Tren Positif Amankan Poin Penuh

FT News - PSMS Medan berhasil mempertahankan tren positifnya...