Kenali ‘Hara Hachi Bu’, Diet Masyarakat Jepang untuk Umur Panjang

FT News – Hidup sehat dan berumur panjang pastinya diidamkan banyak orang. Pola makan yang tepat bisa membantu mewujudkan harapan tersebut.

Salah satu darah yang masuk dalam Blue Zone (Zona Biru) atau zona di mana penduduknya memiliki umur panjang adalah Okinawa yang terletak di Jepang.

Daerah ini menjadi salah satu wilayah yang dikenal memiliki umur panjang. Pola makan ‘hara hachi bu’ dikabarkan adalah yang menjadi rahasia mereka.

Dikutip dari laman Blue Zone, Senin (30/9), pria di Okinawa rata-rata dapat hidup hingga usia 84 tahun. Sementara perempuannya memiliki angka rata-rata usia hingga 90 tahun.

Salah satu rahasianya adalah kebiasaan makan bernama ‘hara hachi bu’. Dilansir dari laman Women’s Health Magazine, ‘hara hachi bu’ berarti makan hingga 80 persen merasa kenyang. Meski muncul sejak 300 tahun lalu, namun istilah ini masih populer di tengah masyarakat Jepang.

Hara hachi bu, salah satu teknik makan yang dilakukan orang Jepang dalam rangka panjang umur. (Foto: Ist)

“Dengan makan hingga 80 persen kenyang, seseorang mungkin akan mengalami lebih sedikit ketidaknyamanan dan mengurangi ketegangan pada sistem pencernaan,” ujar Ahli Gizi Kouka Webb.

Serupa seperti mindful eating, hara hachi bu mengajak orang untuk menaruh perhatian penuh pada apa yang mereka makan.

“Dengan fokus pada rasa, tekstur dan aroma makanan, seseorang bisa cepat merasa kenyang dan pas,” ujarnya.

Mindful eating juga bisa menjadi komponen penting untuk manajemen berat badan. Alih-alih diet ketat yang membatasi asupan makanan tertentu, hara hachi bu bisa lebih berkelanjutan dan menyehatkan.

Kebiasaan makan hara hachi bu dinilai sebagai mindful eating versi Jepang yang mampu mempertahankan 1.900 kalori saja yang masuk ke dalam tubuh dalam sehari.

Diet hara hachi bu sangat terkenal di Jepang. (Foto: Ist)

Cara menerapkan hara hachi bu

  1.   Makan dengan perlahan
BACA JUGA:   Peran Penting Vitamin D3 untuk Kesehatan Ibu Hamil dan Anak Selama Masa Pertumbuhan

Mengonsumsi makanan dengan perlahan akan mempermudah pencernaan mencerna makanan. Hal ini akan membuat tubuh merasa lebih kenyang walaupun hanya makan sedikit.

  1.   Fokus pada makanan

Kebiasaan makan sambil menonton ternyata dapat membentuk kebiasaan makan yang tidak sehat. Makan sambil nonton akan membuat fokus terbagi dua. Padahal, dengan fokus pada makanan, tubuh akan merasa lebih kenyang dan mengontrol porsinya.

  1.   Alat makan ukuran kecil

Menggunakan alat makan berukuran kecil akan membantu dalam mengatur porsi makan. Menjaga porsi makanan adalah pola hidup sehat yang cukup sulit diterapkan. Namun, menggunakan alat makan ukuran kecil akan lebih membantu.

Artikel Terkait