Jaga Kesehatan di Tengah Musim Hujan, Ini Caranya

FT News – Musim hujan sudah mulai datang. Ada baiknya lebih memperketat menjaga kondisi tubuh agar tidak gampang sakit. Musim hujan biasanya meningkatkan risiko penyakit pilek, infeksi dan sejumlah penyakit menular lainnya.

Sementara itu, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mencatat setidaknya ada lebih dari 3,4 juta orang yang menderita penyakit akibat ditularkan lewat air selama musim hujan.

Dalam rangka tetap menjaga kesehatan selama musim hujan, ada beberapa langkah sederhana yang bisa dilakukan.

  1.   Diet seimbang

Kecukupan nutrisi sangat penting untuk kesehatan dan daya tahan tubuh. Nutrisi ini didapat dari makanan atau suplemen. Ada beberapa nutrisi tertentu yang perlu dipastikan kecukupannya. Misalnya vitamin C yang dapat mendukung daya tahan tubuh. Selain itu tubuh juga akan terlindungi dari paparan penyakit.

Vitamin C bisa diperoleh dari buah jeruk, lemon, kembang kol, brokoli, paprika dan masih banyak lagi. Saat sedang tidak enak badan, mengonsumsi suplemen dengan kandungan vitamin C yang tinggi dapat membantu proses pemulihan.

  1.   Jaga kebersihan

Praktik Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) sebaiknya diterapkan dan diketatkan selama musim hujan. Jagalah lingkungan rumah agar tetap bersih dan kering dengan mengeliminasi genangan air dan cek drainase.

Dilansir dari Times of India, Senin (30/9), jangan lupa untuk mencuci tangan secara teratur terutama sebelum makan. Kenakan baju yang menyerap keringat dan jaga kuku tetap pendek dan bersih.

  1.   Konsumsi makanan baru

Selama musim hujan, usahakan mengonsumsi makanan baru yang dimasak setiap harinya. Kurangi konsumsi street food dan makanan yang kerap dihangatkan. Makanan yang segar dan dimasak setiap hari lebih rendah risiko infeksi kuman.

  1.   Memasukkan rempah dalam diet harian

Kebanyakan orang terkena penyakit karena daya tahan tubuh yang lemah. Oleh karena itu, setiap hidangan yang disajikan bisa dimasukkan beberapa herbal atau rempah dalam diet harian. Sejumlah herbal atau rempah diketahui dapat membantu mendukung daya tahan tubuh seperti kunyit, cengkeh, bawang putih dan jahe.

  1.   Cukup minum air putih
BACA JUGA:   BMKG: 70 Persen Wilayah Indonesia Masuk Musim Hujan

Bawa botol minum kemanapun akan pergi. Membiasakan diri membawa air minum sendiri dapat membantu mencukupi kebutuhan cairan terpenuhi. Selain itu, dengan mengonsumsi air putih bisa membantu menghindari diri dari keinginan membeli minuman dengan pemanis tambahan atau dari berbagai sumber yang tidak diketahui kualitasnya.

Artikel Terkait