Profil Marissa Haque, Artis yang Telah Meninggal Dunia Pernah Jadi Anggota DPR RI

0
Marissa Haque (Instagram @marissahaque)
Marissa Haque (Instagram @marissahaque)

Kabar duka menyelimuti dunia hiburan. Para Rabu (10/2/2024), kita telah kehilangan sosok artis senior Marissa Haque yang telah meninggal dunia.

Kabar Marissa Haque meninggal dunia disampaikan oleh keluarganya, melalui pesan berantai melalui WhatsApp.

“Assalamualaikum wr.wb. Innalillahi wainna ilaihi rojiuun. Telah berpulang dengan tenang ke Rahmatullah, Assoc.Prof.Dr. Marissa Grace binti Haque – Fawzi, pada hari Selasa, 2 Oktober 2024 pukul 00.50 WIB, alamat Rumah Duka: Perumahan Pelangi Bintaro Jl. WR Supratman No.9 Tangerang Selatan 15412. Informasi lokasi & jam pemakaman akan diinformasikan lebih lanjut.

Marissa Haque (Instagram @marissahaque)
Marissa Haque (Instagram @marissahaque)

Semoga Almarhumah diampuni segala dosanya, diterima segala amal ibadahnya dan berpulang dalam Husnul Khotimah, dan ditempatkan di tempat terbaik disisi Allah SWT. Kami yang berduka, Ikang Fawzi (Suami), Isabella Muliawati Fawzi (Anak), Marsha Chikita Fawzi (Anak),” begitu pesan yang disampaikan.

Nama Marissa Haque masih tetap harum meskipun usianya sudah berkepala 6. Pasalnya, Marissa Haque, tetap aktif mengajar di kampus hingga masih melakukan kegiatan akademik meskipun tak muda lagi.

Marissa Haque pun meraih popularitas setelah bakat aktingnya diacungi jempul ketika masuk industri film pada tahun 1980-an.

Dia mendapat banyak peran di banyak judul film, seperti di film Kembang Semusim (1980), Bawalah Aku Pergi (1981), IQ Jongkok (1981), Hukum Karma (1982), Jejak Pengantin (1983), Tinggal Landas Buat Kekasih (1984), Asmara di Balik Pintu (1984), Gawang Gawat (1984), Serpihan Mutiara Retak (1985), Sebening Kaca (1985), Penginapan Bu Broto (1987) hingga Yang Tercinta (1991).

Tak cuma itu, Marissa Haque tercatat pernah mendapat penghargaan Pameran Pendukung Wanita Terbaik di Festival Film Indonesia pada tahun 1985 berkat aktingnya di film Tinggal Landas Buat Kekasih dan Pameran Utama Wanita Terbaik di Festival Film Indonesia pada tahun 1987 untuk film Biarkan Bulan itu.

BACA JUGA:   Baru 5 Jam Rilis, "Pink Venom" BLACKPINK Capai 30 Juta View

Aktris yang menikah dengan aktor dari Ikang Fawzi ini juga pernah terjun ke dunia politik dengan menjadi kader PDI Perjuangan hingga mengantarkannya menjadi anggota DPR RI pada tahun 2004, kemudian jadi kader PPP pada tahun 2007 hingga pernah juga menjadi kader PAN pada tahun 2012.

Marissa Haque menikah dengan Ikang Fawzi pada tanggal 3 Juli 1986. Dia lahir di Balikpapan, pada 15 Oktober 1962 dari pasangan orangtua Allen Haque dan Nike Suharyah.

Marissa Haque dan Ikang Fawzi (Instagram @marissahaque)
Marissa Haque dan Ikang Fawzi (Instagram @marissahaque)

Dia memiliki darah Madura, Belanda, dan Prancis. Dia memiliki adik yang juga menjadi selebritis, yakni Soraya Haque dan Shahnaz Haque.

Marissa Haque masuk industri film setelah dia ikut sanggar Swara Mahardika yang dikelola oleh milik Guruh Soekarnoputera, untuk kursus menyanyi dan menari.

Ketika di usia 18 tahun, Marissa Haque mendapat peran di film Kembang Semusim berkat ajakan sutradara M.T. Risyaf.

Marissa Haque juga memiliki talenta yang kuat di dunia pendidikan. Dia telah menempuh kuliah di Fakultas Hukum Universitas Trisakti dalam bidang hukum perdata. Sealin itu, dia mengambil gelar S2 di bidang bahasa anak tuna rungu di Universitas Katolik Atma Jaya.

Marissa Haque kemudian mengambil gelar magister administrasi bisnis (MBA) di Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Gajah Mada, Yogyakarta, dan juga mendapat gelar doktor pada Februari 2012 dari Pusat Studi Lingkungan Institut Pertanian Bogor.

Namanya juga tercatat sebagai dosen di kampus Indonesia Banking School (IBS).