Rusdi Kirana Anggota DPR Paling Tajir Dengan Kekayaan Rp 2,6 Triliun, Trinovi Khairani Paling Miskin

Ketua Fraksi PKB di DPR Jazilul Fawaid secara resmi menunjuk bos Lion Air sekaligus Wakil Ketua Umum PKB Rusdi Kirana menjadi Wakil Ketua MPR.

“Nanti akan disampaikan secara resmi dalam paripurna MPR untuk ditetapkan dan dilantik menjadi Wakil Ketua MPR RI,” tutur Jazilul Fawaid, Rabu (2/10/2024) kepada wartawan.

Bos Lion Air Rusdi Kirana. [Instagram]
Bos Lion Air Rusdi Kirana. [Instagram]
Sebanyak 580 anggota DPR periode 2024-2025 dilantik pada Selasa, 1 Oktober 2024. Daftar kekayaan mereka telah dipublikasikan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

 

Kekayaan Rusdi Kirana Tembus Rp 2,6 Triliun

Berdasarkan laporan harta kekayaan penyelenggara negara (LHKPN), anggota DPR terkaya adalah Rusdi Kirana dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dengan total kekayaan sebesar Rp2,6 triliun.

Trivoni Khairani, anggota DPR Partai Golkar. [Instagram]
Trinovi Khairani, anggota DPR Partai Golkar. [Instagram]
Dalam laporannya, Rusdi mengaku memiliki sepuluh properti senilai Rp289 miliar yang terletak di Jakarta Barat, Jakarta Selatan, Jakarta Pusat, Singapura, dan Malaysia. Dia juga hanya memiliki satu mobil, yaitu Lexus keluaran 2020, yang ditaksir seharga Rp3 miliar.

Selain itu, Rusdi juga melaporkan kepemilikan surat berharga senilai Rp2,1 triliun, serta kas dan setara kas senilai Rp137,3 miliar.

Trinovi Khairani dari Partai Golkar Termiskin

Di sisi lain, anggota DPR termiskin adalah Trinovi Khairani Sitorus dari Partai Golkar, dengan total aset hanya Rp358,1 juta.

Dalam laporannya, Tri mengaku memiliki satu rumah di Labuhanbatu Utara yang bernilai Rp60 juta, serta satu kendaraan Honda CRF seharga Rp37 juta. Selain itu, ia juga mencatatkan harta bergerak senilai Rp341,1 juta, kas dan setara kas sebesar Rp20 juta, dan uang tunai Rp100 juta.

 

 

Artikel Terkait