Kontingen 35 Daerah Berpartisipasi pada Peparnas XVII Solo Raya

FTNews, Solo— Sebanyak 4.386 atlet dan ofisial telah tiba di Kota Solo menjelang upacara pembukaan Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XVII Solo 2024. Angka ini belum termasuk Kontingen Papua Barat, Sulawesi Tengah dan Gorontalo. Tercatat 35 daerah akan berpartisipasi dalam event akbar ini.

Keikutsertaan 35 provinsi yang sudah memiliki kepengurusan National Paralympic Commitee Indonesia (NPCI) menjadi sejarah baru dalam perjalanan Peparnas. Pada gelaran sebelumnya tahun 2021, ada 30 provinsi yang mengirimkan wakilnya ke Papua. Sementara pada Peparnas XV 2016 di Jawa Barat, ada 34 provinsi yang ikut serta.

Ketua Umum NPC Indonesia, Senny Marbun, merasa gembira dengan hadirnya seluruh kontingen pada Peparnas XVII 2024. Kesulitan yang sempat terjadi pada 21 provinsi untuk keberangkatan atlet dan ofisial ke Solo, bisa teratasi.

“Untuk saat ini, hampir semuanya sudah hadir di Kota Solo. Padahal, pada awalnya, ada 21 provinsi yang kesulitan untuk memberangkatkan kontingennya menuju Peparnas XVII ini. Namun sekarang sudah bisa hadir,” ujar Senny Marbun, dikutip dari laman peparnas17.id

Senny pun mengapresiasi Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, Jaksa Agung Republik Indonesia, ST Burhanudin, serta Jaksa Agung Muda Intelijen, Reda Manthovani, yang ikut bergerak membantu kesulitan para kontingen untuk berpartisipasi pada Peparnas XVII ini.

“Ini luar biasa karena berkat pertolongan Tuhan. Kami mendapatkan bantuan dari Mendagri, Kejaksaan Agung, sampai Jamintel, akhirnya semua jalan. Setelah ini masih ada tiga lagi yang akan datang ke Solo,” katanya.

Total ada 20 cabang olahraga yang akan dipertandingkan pada PEPARNAS XVII Solo 2024, yakni Para Panahan, Para Atletik, Para Bulu Tangkis, Boccia, Para Catur, Para Balap Sepeda, Sepak Bola CP (Cerebral Palsy), Para Tenis Meja.

BACA JUGA:   Polisi Sita Puluhan Miras Oplosan di Warung Kopi, Pedagang Diamankan

Lalu ada Judo Tunanetra, Para Angkat Berat, Para Menembak, Para Renang, Para Taekwondo, Voli Duduk, Tenpin Bowling, Anggar Kursi Roda dan Tenis Kursi Roda. Dua cabor lain, Para E-Sport dan Basket Kursi Roda berstatus ekshibisi.

Pertandingan dari 20 cabang olahraga tersebut akan dimulai pada Senin (7/10/2024). Sebelum itu, para atlet dan ofisial mengikuti defile pada upacara pembukaan di Stadion Manahan Solo, Minggu (6/10/2024).***

Artikel Terkait

Jokowi Resmi Buka Nusantara TNI Fun Run 2024 di IKN

FT News - Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi...

Presiden Jokowi akan Buka Peparnas XVII Solo, Kepolisian Bagi 3 Ring Pengamanan

FTNews, Surakarta--- Polresta Surakarta, Polda Jateng, menerapkan pengamanan ekstra...

Para Peserta Peparnas Puji Persiapan Tuan Rumah, Venue-Venue Sesuai Standar

FTNews, Solo--- Sejumlah atlet paralimpiade melakukan latihan di salah...

Beraksi di Konser Musik NDX AKA, 5 Anggota Sindikat Copet Lintas Provinsi Ditangkap

FTNews, Sragen--- Sindikat copet lintas provinsi yang beraksi saat...