Di Tengah Covid, Satu Juta Umat Hindu India akan Berkumpul di Sungai Gangga

Forumterkininews.id, Mumbai -  Hampir 1 juta umat Hindu diperkirakan akan berkumpul di tepi sungai Gangga , India  pada Jumat (14/1) dan Sabtu ini untuk melaksanakan ritual mandi suci. Lonjakan kasus Covid-19 di negara itu nampaknya tidak dihiaraukan.

Melansir CNA, India melaporkan 168.063 infeksi Covid-19 baru pada hari Selasa, (11/1),  kenaikan 20 kali lipat dalam sebulan meskipun pengujian jauh di bawah kapasitas.

Banyak negara bagian di India mengeluarkan aturan jam malam sementara ibu kota Delhi juga memberlakukan lockdown akhir pekan lalu. Menutup kantor-kantor swasta serta restoran dan bar dalam untuk mengendalikan varian Omicron yang menyebar.

Tetapi puluhan ribu warga telah mencapai lokasi ritual tahunan Gangga di sebuah pulau di negara bagian timur Bengal Barat. Dimana di kawasan tersebut dilaporkan jumlah kasus terbanyak di negara itu setelah negara bagian Maharashtra di barat.

Festival keagamaan besar serupa di utara India tahun lalu membantu menyebarkan varian Delta yang menginfeksi jutaan orang dan membunuh puluhan ribu.

Setiap tahun pada tanggal 14 Januari merupakan hari penting Hindu Makar Sankranti. Para peziarah mengunjungi desa Gangasagar untuk berenang di pertemuan Sungai Gangga dan Teluk Benggala.

Hingga hari ini, India melaporkan total 35,88 juta infeksi Covid-19, terbesar di dunia setelah Amerika Serikat. Sementara angka kematian naik 277 menjadi 484.213.

Artikel Terkait