Hujan Deras di Brasil Tewaskan 10 Orang

Forumterkininews.id, Sao Paulo – Hujan deras di negara bagian Minas Gerais, Brasil, menewaskan 10 orang dalam dua hari terakhir.

Pemerintah setempat menyebut korban yang di antaranya seorang gadis berusia 11 tahun meninggal hari Minggu (9/1) dan Senin (10/1). Keduanya meninggal karena hujan, banjir, dan tanah longsor.

Sejak hujan awal Oktober, 19 orang tewas di negara bagian tenggara Brasil itu.  Sepuluh orang lagi tewas pada Minggu lalu ketika pecahan batu besar terlepas dari jurang dan jatuh ke empat perahu wisata di Danau Furnas.

Laporan terbaru saat ini mengatakan 17.237 orang harus meninggalkan rumah mereka atau mencari perlindungan karena badai.

“Januari sangat sulit bagi Minas Gerais karena kuantitas, apalagi konsentrasi, hujan dalam waktu singkat,” kata wakil gubernur negara bagian itu, Paulo Brant, dalam video yang diunggah di Instagram, dikutip Reuters, Rabu,(12/1).

“Kita seharusnya tidak mengutuk hujan atau menyalahkan alam. Sebagian besar efeknya adalah karena kesalahan masa lalu seperti pemekaran kota yang tidak teratur, dan sedimentasi dan pencemaran sungai,”tambahnya.

Dari 853 kotamadya di Minas Gerais, 145 berada dalam keadaan darurat akibat cuaca ekstrem.

Selama dua bulan, Brasil mengalami kerusakan parah akibat banjir, yang menewaskan puluhan orang dan membuat ribuan orang mengungsi, terutama di negara bagian Bahia di timur laut.

Artikel Terkait