Gempa Magnitudo 5,4 Guncang Banten

Forumterkininews.id, Jakarta – Gempa kembali mengguncang wilayah Lebak, Banten, Senin (17/1/2022) pagi, pukul 17.25:56 WIB. Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat lindu kali ini berkekuatan magnitudo 5,4.

Dikutip dari situs BMKG, pusat gempa berada di wilayah laut 84 Km Barat Daya Bayah, Lebak, Banten. Episentrumnya berada di kedalaman 10 Km.

Gempa dirasakan di sejumlah kawasan Jawa bagian Barat, seperti di Cikembar, Cireunghas, Kabupaten Sukabumi, Pelabuhan Ratu, Sumur dan Bogor. Dampak gempa di wilayah ini berada pada skala II dan II MMI (Modified Mercally Intensity), yakni terasa hanya oleh orang dalam keadaan istirahat, terutama di tingkat-tingkat atas bangunan atau tempat-tempat yang tinggi, hingga terasa di dalam rumah, tetapi banyak yang tidak menyangka kalau ada gempa bumi. Getaran terasa seperti ada truk kecil lewat.

Sebelumnya, gempa tektonik bermagnitudo 6,6 melanda Lebak, Banten, Jumat (14/1) kemarin. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak mencatat, 274 rumah rusak akibat gempa bumi.

Artikel Terkait

Gus Miftah Ungkap Rencana Jokowi Usai Lengser

FT News - Joko Widodo (Jokowi) akan mengakhiri masa...

Menpora Dito Minta Maaf Atas Kekurangan PON Aceh-Sumut 2024

FT News - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito...

PON XXI Aceh-Sumut 2024 Resmi Ditutup, Menko PMK: Sampai Bertemu di PON NTB-NTT

FT News - Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan...