Seluruh Rumah di Pulau Tonga Hancur Usai Diterjang Tsunami

Forumterkininews.id, Tonga-  Semua rumah di salah satu pulau kecil terluar Tonga hancur karena letusan gunung berapi dan tsunami  yang menerjang kawasan itu, Sabtu (15/1). Selain rumah yang hancur, pemerintah setempat juga mengonfirmasi tiga korban tewas. Saat ini segala informasi mengenai bencana masih dipantau melalui patroli pesawat dan drone.

Sementara itu, kantor Perdana Menteri Siaosi Sovaleni mengatakan, setiap rumah di pulau Mangga, tempat tinggal sekitar 50 orang, telah hancur. Hanya dua rumah yang tersisa di Fonoifua, dan pulau Namuka mengalami kerusakan parah.

Operasi penyelamatan dimulai hari Minggu untuk Atata, yang berpenduduk 100 orang, dengan evakuasi sedang berlangsung.

“Tantangan transportasi laut dan udara tetap ada. Namun operasional terkendala debu yang menutupi landasan pacu,” kata kantor Perdana Menteri dikutip Reuters, Rabu (19/1).

Lapisan abu tebal menyelimuti pulau-pulau itu, menurut gambar udara yang diberikan kepada Tonga oleh Selandia Baru dan Australia. Bandara Internasional utama Fua’amotu di kepulauan itu tidak rusak tetapi landasan pacunya tertutup abu.

Selain kerusakan lokal, para ilmuwan mengatakan letusan itu bisa berdampak jangka panjang pada terumbu karang, garis pantai dan perikanan di wilayah yang lebih luas, serta menyebabkan hujan asam.

Artikel Terkait