Ditawari Kerja dan Jabatan Tinggi di PBB, Angela Merkel Menolak

Forumterkininews.id, Munich- Mantan Kanselir Jerman Angela Merkel dikabarkan telah menolak tawaran pekerjaan dari Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa- Bangsa (PBB) Antonio Guterres.

“Merkel berbicara dengan sekretaris jenderal PBB pada minggu lalu, dia mengucapkan terima kasih dan membiarkan tawaran pekerjaan itu,”kata kantor Merkel dikutip IndianExpress, Kamsi (20/1).

Guterres menawarkan Merkel jabatan sebagai ketua badan penasihat PBB tingkat tinggi tentang barang-barang publik global. Dimana dewan penasehat adalah salah satu proyek reformasi unggulan yang diusulkan Guterres untuk PBB dalam masa jabatan keduanya, yang dimulai pada Januari.

Setelah 16 tahun menjabat sebagai kanselir Jerman, politisi konservatif berusia 67 tahun itu mundur dari politik Jerman pada akhir tahun lalu. Dia tidak mencalonkan diri lagi dalam pemilihan federal pada bulan September yang dimenangkan oleh Sosial Demokrat Olaf Scholz.

Sebelum mengundurkan diri, Merkel telah menghindari sorotan di luar tugas politiknya dan bungkam tentang rencana pasca-politiknya.

Artikel Terkait