Bantuan Internasional untuk Tonga Terus Berdatangan

Forumterkininews.id, Tonga – Bantuan internasional untuk Tonga terus berdatangan dari seluruh dunia. Banyak negara mengerahkan kapal dan penerbangan setelah letusan gunung berapi hari Sabtu (15/1) lalu.

Sebuah kapal Selandia Baru yang diharapkan tiba pada hari Jumat (21/1) adalah kapal pemasok bantuan utama pertama. Kemudian Australia mengerahkan kapal terbesarnya, HMAS Adelaide, yang berangkat ke Tonga hari Jumat.

Kapal tersebut dapat membawa helikopter yang dapat dikerahkan dari kapal untuk membawa pasokan ke pulau-pulau terluar Tonga yang lebih kecil. Kapal itu dijadwalkan tiba pertengahan minggu depan.

Inggris juga mengumumkan telah mengerahkan kembali HMS Spey-nya ke Tonga dan telah mengirim pasokan bantuan terlebih dahulu dengan kapal Australia.

“Inggris bekerja sama dengan Australia dan Selandia Baru membantu upaya pemulihan di Tonga dan siap mendukung mitra lama Persemakmuran kami,” kata Menteri Pertahanan Inggris Ben Wallace dikutip BBC .

Dua penerbangan pertama dari Selandia Baru dan Australia mendarat pada hari Kamis , membawa palet air minum, alat desalinasi, kebersihan, tempat penampungan dan peralatan medis serta peralatan telekomunikasi.

Upaya telah dilakukan untuk pengiriman tanpa kontak , karena otoritas Tonga telah menyatakan keprihatinannya tentang Covid yang diimpor ke negara bebas virus itu.

Ledakan bawah laut memicu gelombang tsunami di Pasifik, menewaskan sedikitnya tiga orang di Tonga.

Itu menyebabkan kerusakan yang signifikan dan komunikasi yang lumpuh serta tingkat kerusakan yang sebenarnya masih belum diketahui.

Artikel Terkait