Ini Enam Tahapan Merawat Pasien Covid-19 di Rumah Menurut Dinkes DKI

Forumterkininews.id, Jakarta – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengimbau masyarakat tetap waspada, tetapi tidak panik di tengah lonjakan varian omicron.

Selain itu, penting bagi masyarakat untuk mengetahui informasi terkait gejala, pencegahan, tata cara isolasi mandiri, faktor risiko tinggi, dan hal lain berkaitan dengan COVID-19, di samping upaya antisipatif yang terus digencarkan pemerintah.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta Widyastuti menjelaskan, ada beberapa panduan untuk pengidap Covid-19 varian omicron yang menjalani isolasi mandiri di rumah. Sedikitnya ada delapan tahapan yang harus dilakukan anggota keluarga yang berperan menjadi perawat.

Yang pertama menurut Widyastuti anggota keluarga harus ada yang bisa berperan sebagai perawat. Sebaiknya tidak memiliki faktor risiko tinggi dan tidak sering kontak dengan orang lain di luar rumah.

Selanjutnya, siapkan ruangan terpisah atau ruangan yang terisolasi untuk orang yang terinfeksi COVID-19.

“Membuka jendela untuk meningkatkan ventilasi yang baik dan sirkulasi udara segar,” tuturnya.

Tahapan selanjutnya menurut Widya yakni, tidak mengizinkan tamu ke rumah dan menghindari kontak erat (kurang dari 1 meter) dengan orang terinfeksi COVID-19. Rajin mencuci tangan dengan air bersih mengalir dan sabun, atau gunakan cairan antiseptik berbasis alkohol.

Hidangan makanan terpisah, dan menggunakan peralatan mandi yang terpisah dari orang yang terinfeksi. Orang yang terinfeksi COVID-19 harus beristirahat, minum banyak dan makan makanan bergizi dan tetap meneruskan pengobatan untuk penyakit kronis.

Terakhir, pasien harus rutin minum obat penurun panas (parasetamol/acetaminophen) apabila demam dan/atau mengurangi sakit badan/pegal sesuai instruksi. Antibiotik tidak efektif untuk COVID-19.

 

Artikel Terkait