Paus Fransiskus: Buang Plastik ke Saluran Air Tindakan Kriminal

Forumterkininews.id, Vatikan – Pemimpin Vatikan Paus Fransiskus menyebut kebiasaan membuang plastik ke saluran air adalah tindakan kriminal. Menurutnya hal ini harus diakhiri jika umat manusia ingin menyelamatkan generasi mendatang,

Dalam wawancara di saluran RAI’s Channel 3 pada Minggu (4/2), Paus Fransiskus juga mengulangi beberapa tema utama kepausannya. Dirinya mengutuk pengeluaran berlebihan untuk persenjataan, membela hak-hak migran, dan mengutuk kekakuan ideologis oleh kaum konservatif di Gereja.

Paus, yang telah menjadikan pelestarian lingkungan sebagai landasan kepausannya, menceritakan bagaimana nelayan Italia datang kepadanya satu tahun lalu. Katanya, nelayan itu mengatakan kepadanya bahwa mereka telah menemukan banyak ton plastik di Laut Adriatik.

“Membuang plastik ke laut adalah kriminal. Itu membunuh keanekaragaman hayati, membunuh bumi, membunuh segalanya,” katanya dikutip Reuters.

“Menjaga ciptaan adalah pendidikan (proses) di mana kita harus terlibat,” katanya, mengutip sebuah lagu oleh penyanyi Brasil Roberto Carlos di mana seorang anak bertanya kepada ayahnya mengapa “sungai tidak lagi bernyanyi” dan sang ayah menjawab bahwa “kita menyelesaikannya”.

Sampah plastik hingga kini masih menjadi persoalan pelik. Dimana di kedalaman laut banyak ditemukan sampah plastik yang kadang juga ikut terjaring oleh nelayan yang mencari ikan.

Artikel Terkait