Perdana Menteri Libya Lolos dari Upaya Pembunuhan

Forumterkininews.id, Jakarta - Perdana Menteri Libya Abdul Hamid Dbeibeh selamat dari upaya pembunuhan di ibu kota Tripoli, Kamis (10/2).

Mengutip Anadolu Agency, sebuah “rentetan peluru” ditembakkan ke mobil Dbeibeh Kamis pagi. Saat itu dikabarkan, Dbeibeh sedang dalam perjalanan pulang. Hal ini disiarkan saluran berita Libya Al-Ahrar TV. Perdana menteri tidak terluka dalam serangan itu, kata laporan itu.

Upaya pembunuhan itu terjadi di tengah perebutan kekuasaan yang sedang berlangsung di Libya ketika Dbeibeh, yang telah memimpin pemerintah Libya atas dukungan PBB sejak Maret lalu. Dirinya  menghadapi tawaran parlemen untuk menggantikannya.

Dewan Perwakilan Rakyat yang berbasis di Tobruk dijadwalkan bersidang pada Kamis untuk memilih perdana menteri baru. Sebuah perkembangan yang akan memberikan pukulan besar bagi upaya kekacauan bertahun-tahun di negara kaya minyak itu.

Namun, sehari sebelumnya Dbeibeh berjanji bahwa pemerintahnya akan terus bekerja untuk memastikan Libya tidak melalui “fase transisi baru,”. Dirinya juga berjanji tidak akan membiarkan “kelas politik yang dominan di masa lalu berlanjut di tahun-tahun mendatang.”

Artikel Terkait