Komisi III DPR: Proyek di Desa Wadas Bukan PSN, Warga Bisa Menolak

Forumterkininews.id, Jakarta - Kericuhan Desa Wadas di Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah (Jateng) terus memanjang. Wakil Ketua Komisi III DPR RI, Desmond Junaidi Mahesa menyebut pengukuran tanah di desa Wadas tidak masuk dalam Proyek Strategis Nasional. Dengan demikian warga setempat dapat menolak rencana pembangunan tersebut.

“Ada dua hal, yang pertama bahwa Desa Wadas adalah bukan wilayah proyek strategis nasional Bendungan Bener. Yang jelas batu-batu ini adalah penunjang kegiatan. Kalau secara hukum, kalau ini wilayah bendungan, maka ada peraturan yang posisinya masyarakat bisa menerima,” kata Desmond, Jumat (11/2).

“Di sisi yang luar bendungan, masyarakat untuk sementara ini bisa menolak karena tidak melanggar aturan apa-apa,” sambungnya.

Ia pun berharap masalah yang terjadi di Desa Wadas bisa segera diselesaikan dengan baik. Desmond meminta warga yang pro dan kontra akur kembali seperti sedia kala.

“Ada yang setuju ada yang kontra, harapannya ke depan pro-kontra ini bisa akur kembali, dengan pihak pelaksana yang mau mengambil batu bisa menyelesaikannya baik-baik,” tutur politikus Gerindra itu.

Sebelumnya, Direktur Eksekutif Walhi Yogyakarta Halik Sandera menilai terjadi tindakan sewenang-wenang dari polisi terhadap warga Desa Wadas.

Artikel Terkait