Prabowo: Indonesia Berencana Beli Jet Tempur Dessault Refale

Forumterkininews.id, Jakarta – Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto mengatakan Kementerian Pertahanan berencana membeli Alat Utama Sistem Senjata Tentara Nasional Indonesia (Alutsista) untuk ‘multirole combat aircraft’. Rencananya 42 jet tempur Dessault Refale hingga kapal selam buatan Prancis bakal didatangkan.

Prabowo juga menyampaikan, hasil kerjasama pembelian jet tempur Dessault Refale ini setelah Indonesia menerima kunjungan kehormatan Menteri Angkatan Bersenjata Republik Prancis Florence Parly di Kantor Kemenhan, Jakarta, Kamis (10/2).

Indonesia telah berencana membeli beberapa jet tempur Dassault Refale dari Perancis. Rencana tersebut sudah berjalan sejak beberapa bulan yang lalu. Sebelum Indonesia, sejumlah negara yang telah terlebih dulu menggunakan jet tempur Dassault Rafale ini adalah Prancis, Mesir, Qatar, dan India.

Prabowo menambahkan, dalam waktu dekat, akan disusul kontrak pembelian 36 pesawat lagi dengan dukungan latihan persenjataan dan simulator-simulator yang dibutuhkan.

Dengan pembelian ini, tentu akan ada tindak lanjut kerjasama. Tentunya anata Dassault dan PT Dirgantara Indonesia (PT DI). Kerjasama tersebut meliputi perawatan, perbaikan, servis berkala dan pembongkaran pesawat Prancis di Indonesia. Seperti Rafale, helikopter Caracal, dan lainnya.

Termasuk MoU kerja sama bidang telekomunikasi antara PT LEN dan Thales Group. Serta kerja sama pembuatan amunisi kaliber besar antara PT Pindad dan Nexter Munition.

“Kerja sama PT Pindad untuk ‘manufacturing’ amunisi guna keperluan persenjataan darat dan amunisi kaliber besar,” kata Prabowo.

Artikel Terkait