WHO: Pandemi Covid-19 Berakhir Pertengahan Tahun 2022

Forumterkininews.id, Jakarta – Fase akut pandemi diprediksi berakhir pertengahan tahun ini. Syaratnya jika 70 persen penduduk dunia sudah mendapat vaksin. Hal ini diungkapkan Kepala World Helath Organitation (WHO), Tedros Adhanom.

Tedros mengatakan, sejak pandemi mewabah 412.016.857 warga dunia sudah terinfeksi. Tercatat 5.833.500 meninggal. Meski begitu 332.274.981 sembuh. Amerika Serikat (AS), India, Brasil, Prancis dan Inggris menjadi lima negara dengan kasus terbanyak.

Pernyataan optimis Tedros ini bukan yang pertama. Awal 2022, ia sempat berujar yakin status darurat kesehatan masyarakat bisa dicabut tahun ini.

Melansir Aljazeera.com, selain vaksin Covid-19, ia meminta agar pasokan alat tes Covid-19 hingga perawatan pasien diberikan secara adil. Menurutnya, tidak ada satupun negara yang bisa ‘bebas’ dari Covid-19, jika masih ada negara lain yang kesulitan untuk mengatasi lonjakan kasus dan risiko kematian yang tinggi di tengah keterbatasan fasilitas.

Vaksinasi Covid-19 kini masih jadi persoalan, di mana ada kesenjangan antara negara miskin dan kaya. Afrika misalnya, masih menjadi benua dengan cakupan vaksin Covid-19 terendah, yakni baru 11% dari total populasi.

Matshidiso Moeti, direktur WHO untuk wilayah Afrika mengatakan, benua itu sedang bertransisi keluar dari fase pandemi wabah COVID-19. Dengan pandangan yang lebih optimis, dia mengatakan Afrika sedang bergerak menuju situasi di mana ia akan mengelola virus dalam jangka panjang.

Meski demikian, kenyataannya, hanya 11 persen orang Afrika yang divaksinasi. Angka ini merupakan angka terendah di dunia. Pekan lalu, kantor WHO di Afrika mengatakan benua itu harus meningkatkan tingkat vaksinasi “enam kali” untuk mencapai target 70 persen.

Artikel Terkait

Tiara Andini Rayakan Ultah, Sosok Alshad Ahmad Pakai Kostum Patrick Curi Perhatian

Tiara Andini baru saja merayakan ulang tahun. Jebolan Indonesian...

Jepang Dilanda Banjir Bandang Tewaskan 6 Orang

FT News – Negeri Sakura dilanda banjir bandang dan...

China Desak Warganya Tinggalkan Israel, Bersiap Serang?

FT News – China mendesak warganya di Israel untuk...

Viral Pendaki Gunung Rekam Detik-detik Dirinya Terperosot Saat Mendaki Gunung

FT News - Kegiatan mendaki gunung merupakan salah satu kegiatan...

Aktivis Lingkungan Greta Thunberg Dukung Palestina dalam Demonstrasi di Stockholm

FT News - Aktivis lingkungan kondang asal Swedia, Greta Thunberg,...