Australia Daftarkan Hamas dan Sayap Militernya Sebagai Organisasi Teroris

Forumterkininews.id, Sydney – Pemerintah Australia mendaftarkan keseluruhan kelompok militan Palestina Hamas sebagai organisasi teroris di bawah hukum pidana negara itu. Hal ini diungkapkan Menteri Dalam Negeri Karen Andrews, Kamis (17/2).”Pandangan Hamas dan kelompok ekstremis kekerasan yang terdaftar hari ini sangat mengganggu. Tidak ada tempat di Australia untuk ideologi kebencian mereka,” kata Karen Andrews dikutip Reuters.

Andrews mengatakan, ia telah menulis surat kepada para pemimpin negara bagian dan teritori Australia untuk berkonsultasi dengan mereka mengenai daftar seluruh kelompok Hamas. Dan akan menyelesaikan daftar itu sesegera mungkin.

Saat ini, sayap militer Hamas, Brigade Izz al-Din al-Qassam, ada dalam daftar organisasi teroris Australia.

Selain itu kata Andrew, tiga kelompok lain baru saja terdaftar sebagai organisasi teroris. Yakni Hay’at Tahrir al-Sham dan Hay’at Tahrir al-Sham yang berbasis di Suriah. Kemudian Ordo Sosialis Nasionalis, sebuah kelompok yang berbasis di Amerika Serikat.

Empat kelompok lainnya, Abu Sayyaf Group, al-Qaeda, al-Qaeda in the Lands of the Islamic Maghreb dan Jemaah Islamiyah, terdaftar kembali di bawah kode tersebut, katanya. Pihak Hamas sendiri belum memberikan tanggapan terkait pernyataan Australia tersebut.

Artikel Terkait