Pembangunan Pabrik Bahan Bakar Turunan Sampah di Bantar Gebang Mulai Dikerjakan

Forumterkininews.id, Jakarta – Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan memberikan arahan dalam peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Tahun 2022. Mengangkat tema ‘Festival Kolaborasi Jakarta Sadar Sampah’, kegiatan ini menekankan upaya kolaborasi multi-stakeholder. Tentunya  dalam mengatasi permasalahan sampah di TPST Bantargebang, Bekasi, Jawa Barat.

Gubernur Anies mengatakan, HSPN tahun ini, Pemprov DKI Jakarta melakukan groundbreaking fasilitas Refuse Derived Fuel (RDF) Plant untuk mengolah sampah. Baik sampah baru maupun sampah yang sudah terkumpul di TPST Bantargebang.

RDF Plant sendiri merupakan pabrik bahan bakar turunan dari sampah lama yang ditambang dari gunungan landfill sampah. Nilai kalor RDF ini setara batubara muda.

“Hal ini diproyeksikan bisa sampai 2.000 ton, rinciannya 1.000 ton sampah baru dan 1.000 ton sampah yang sudah ada di kawasan Bantargebang ini. Project ini diharapkan bisa menjadi salah satu solusi di hilir tentang pengelolaan sampah. Tentunya yang sudah dikirimkan ke kawasan Bantargebang,” ujar Gubernur Anies.

Gubernur Anies menjelaskan yang menghasilkan sampah dengan mengelola sampahnya jumlahnya tidak seimbang. Oleh karena itu, yang mengelola sampah tentu sadar tentang volume dan masalahnya, tetapi yang menghasilkan belum tentu sadar.

“Mari kita semua bangun kesadaran bahwa setiap kita menghasilkan sampah, kalau dihitung tadi rata-ratanya 0,7 kg per hari. Ayo kurangi sampahnya, mari kita manfaatkan residu, agar tidak menjadi timbunan sampah, dan mari kita pilah sehingga membantu di dalam pengelolaannya,” jelas Gubernur Anies.

Artikel Terkait