Inovatif, Australia Kembangkan Teknologi Awetkan Vaksin Tanpa Pendingin

Forumterkininews.id, Sydney – Para peneliti dari badan sains nasional Australia mengembangkan teknologi yang dapat menghilangkan keharusan menyimpan vaksin dalam alat pendingin.Melansir Xinhua, dalam sebuah penelitian yang diterbitkan Selasa (22/2). Tim Organisasi Riset Ilmiah dan Industri Persemakmuran (CSIRO) menemukan enkapsulasi vaksin virus hidup dalam kerangka organik logam melindungi integritasnya hingga 12 minggu pada suhu setinggi 37 derajat C.

Tanpa pendinginan atau kerangka organik logam, vaksin hanya akan bertahan beberapa hari. WHO sebelumnya memperkirakan setiap tahun, setidaknya 50 persen vaksin terbuang. Hal ini karena aturan menyimpannya di lingkungan yang dikontrol suhu.

Dr Daniel Layton, ahli imunologi CSIRO, mengatakan terobosan tersebut berpotensi memungkinkan akses vaksin yang lebih terjangkau dan adil di seluruh dunia.

“Vaksinasi tidak diragukan lagi salah satu intervensi medis yang paling efektif, menyelamatkan jutaan nyawa setiap tahun,” katanya.

“Namun, pengiriman vaksin terutama ke negara berkembang, merupakan tantangan karena mereka sering kekurangan rantai pasokan penyimpanan dingin yang diperlukan untuk menjaga vaksin tetap layak.”tandasnya.

Ia menambahkan, kerangka organik logam, secara efektif melindungi molekul vaksin dari tekanan panas. Tim selanjutnya mengembangkan solusi yang melarutkan metal organic frameworks (MOFs). Dan akan fokus pada pengujian pendekatan untuk vaksin termasuk vaksin mRNA Covid-19.

Artikel Terkait