Jokowi: IKN Pekerjaan Besar Bangsa Indonesia

Forumterkininews.id, Jakarta – Pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur pada tahap awal dilakukan dengan cara reboisasi hutan di inti pusat pemerintahan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, rencana pembangunan IKN dimulai di inti pusat pemerintahan. “Diawali revitalisasi dan reboisasi hutan terlebih dulu,” kata Jokowi dalam acara ‘Beranda Nusantara, Menuju Ibu Kota Negara Baru, Rabu (23/2).

Selanjutnya, pemerintah akan membangun berbagai infrastruktur dasar di kawasan tersebut. Baik kompleks pemerintahan, kompleks perkantoran hingga sarana pendukung lainnya.

Jokowi mengatakan pembangunan IKN memerlukan kontribusi dan kerja sama pelbagai pihak. Pembangunan ini, kata dia, membutuhkan kinerja dari para tim terbaik. Seperti perencana dan perancang kota, arsitek, ahli lingkungan, budayawan dan pakar lain yang bisa bekerja dan melibatkan pemikiran untuk beri solusi terbaik.

“IKN merupakan pekerjaan besar bangsa Indonesia. Akan jadi kebanggaan bagi seluruh rakyat Indonesia,” kata dia.

Lebih lanjut, Jokowi menekankan bahwa pemindahan ibu kota negara ke Nusantara bukan sekadar memindahkan ASN dan bangun gedung pemerintahan semata. Namun, Ia mengklaim pemindahan ini jadi lompatan bagi Indonesia melakukan transformasi bangsa menuju Indonesia maju.

“Kita bangun IKN yang benar-benar menunjukkan kebesaran bangsa Indonesia, cerminkan identitas nasional, menjamin keberlanjutan sosial ekonomi dan lingkungan, mewujudkan kota hutan, kota modern dan berkelanjutan dan memiliki standar internasional,” kata dia.

Artikel Terkait