Ukraina Mencekam, Zelensky Minta Damai dan Imbau Warganya Tetap Tenang

Forumterkininews.id, Kiev- Meningkatnya ancaman Rusia, Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy memohon adanya perdamaian dan Rusia segera menghentikan serangan militer yang dimulai Kamis (24/2/2022).
Dalam pidato emosional kepada jutaan warganya, Zelenskiy menolak klaim yang menyebut bahwa negaranya menimbulkan ancaman bagi Rusia dan menyesalkan bahwa invasi Negeri Beruang Merah itu akan menelan puluhan ribu nyawa.
“Rakyat Ukraina dan pemerintah Ukraina menginginkan perdamaian,” katanya dalam bahasa Rusia, beberapa jam setelah menyatakan keadaan darurat nasional.
Walau demikian, dengan tegas Zelenskiy menyebut jika warganya diserang maka ia tak akan tinggal diam. “Tetapi jika bangsa kami diserang, kami akan melawan.”tandasnya.
Melansir AFP, sebelum pasukan Rusia menyerang, Zelenskiy mencoba menelepon Putin akan tetapi tak ada jawaban. Ia pun mengingatkan warganya untuk tetap tenang.
“Situasi saat ini di Ukraina sangat tidak pasti. Harap tetap tenang dan tetap aman di mana pun Anda berada, baik di rumah, hostel, akomodasi, atau transit,”pesannya.
Selain itu, semua orang yang bepergian ke Kyiv termasuk mereka yang bepergian dari bagian barat Kyiv, disarankan untuk kembali ke kota masing-masing untuk sementara.  Terutama menuju tempat-tempat yang lebih aman di sepanjang negara-negara yang berbatasan dengan barat.

Artikel Terkait