Situasi Darurat, Ribuan Warga Ukraina Masuk Polandia Tanpa Karantina

Forumterkininews.id, Kiev – Lebih dari 1.000 warga Ukraina berupaya menyelamatkan diri dari serangan tentara rusia. Sebagian warga Ukraina melarikan diri menggunakan kereta api menuju kota Przemysl, Polandia Jumat (25/2).

Melansir BBC, Polandia telah mengesampingkan persyaratan untuk mengkarantina atau mewajibkan tes Covid-19 negatif untuk orang-orang yang datang dari Ukraina. Banyak dari mereka bermalam di stasiun kereta api karena hotel sudah penuh dipesan.

Baca Juga : Hari Pertama Invasi Rusia, Warga Ukraina Tidur di Stasiun

Saat ini, Polandia mendirikan sembilan titik penerimaan bagi warga Ukraina yang melintasi perbatasan. Pada titik ini mereka dapat menerima makanan, bantuan medis, dan informasi.

Sementara itu, kantor berita negara PAP melaporkan bahwa ribuan orang tiba pada hari Jumat di perbatasan Medyka dengan mobil untuk mengumpulkan orang dan kerabat yang datang dari Ukraina.

Polandia adalah rumah bagi komunitas besar warga Ukraina. Jumlahnya bervariasi tetapi diyakini bahwa antara satu dan dua juta orang Ukraina tinggal di negara itu, meskipun hanya setengah juta yang terdaftar di layanan sosial Polandia.

Artikel Terkait