Ukraina Tandatangani Aplikasi untuk Gabung Uni Eropa

Forumterkininews.id, Kiev – Ukraina menandatangani aplikasi untuk bergabung dengan Uni Eropa setelah invasi Rusia ke negara Eropa timur itu memasuki hari kelima. Hal itu dibagikan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy lewat postingan di Facebook pribadinya.

“Hari ini saya menandatangani aplikasi untuk keanggotaan Ukraina di Uni Eropa. Cukup yakin ini nyata,” kata Zelenskyy dikutip SkyNews, Selasa (1/3).

Ia juga membagikan foto dirinya saat menandatangani dokumen tersebut. Dalam foto, ia diapit oleh Denys Shmyhal, perdana menterinya, dan Ruslan Stefanchuk, ketua parlemen Ukraina.

Zelenskyy telah meminta Uni Eropa untuk mengizinkan Ukraina mendapatkan keanggotaan di bawah prosedur khusus. Pasalnya, Ukraina saat ini mempertahankan diri dari invasi pasukan Rusia.

Permohonan ke UE sebagian besar bersifat simbolis dan prosesnya bisa memakan waktu bertahun-tahun. Aplikasi Uni Eropa datang setelah putaran pertama pembicaraan antara Ukraina dan Rusia, yang bertujuan untuk mengakhiri pertempuran, diakhiri tanpa kesepakatan segera.

Mykhailo Podolyak, penasihat utama presiden Ukraina, mengatakan bahwa kedua delegasi telah kembali ke rumah untuk berkonsultasi di ibu kota mereka.

Artikel Terkait