Begini Komitmen Anies Kurangi Emisi Gas Rumah Kaca

Forumterkininews.id, Jakarta – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Gubernur Anies Baswedan menyatakan komitmennya pada upaya pengurangan emisi Gas Rumah Kaca (GRK). Komitmen ini dilaksanakan dengan target pengurangan emisi GRK sebesar persen pada tahun 2030. Dan mencapai emisi nol pada tahun 2050.

Komitmen ini tercantum dalam Peraturan Gubernur Nomor 90 Tahun 2021 tentang Rencana Pembangunan Rendah Karbon Jakarta. Salah satu aksi iklimnya adalah memulai mobilitas yang berkelanjutan melalui sistem transportasi terintegrasi.

“Kami membayangkan, mengubah Jakarta dari kota yang didominasi lalu lintas, padat, dan polusi menjadi pemimpin dunia dalam transportasi publik yang berkelanjutan, aman, nyaman, dan inklusif. Untuk mewujudkan visi tersebut, Jakarta menginisiasi mobilitas berkelanjutan melalui sistem transportasi terintegrasi. Hal ini menggeser paradigma dari Car-Oriented Development ke Transit-Oriented Development (TOD),” terang Gubernur Anies, pada Selasa (1/3).

Pemprov DKI Jakarta dalam beberapa tahun terakhir juga melakukan perbaikan sistem transportasi umum besar-besaran. Kemudian melakukan perluasan rute Transjakarta dan integrasi Mikrotrans untuk mencapai cakupan layanan 82 persen. Serta meningkatkan PSO (public service obligation) untuk angkutan umum sebesar 180 persen pada tahun 2020.

Sehingga dapat memastikan terjadinya peningkatan kualitas angkutan umum yang adil bagi setiap individu di Jakarta. Selain itu, infrastruktur untuk pejalan kaki dan sepeda juga terus ditingkatkan, seperti revitalisasi 364 kilometer trotoar di seluruh Jakarta dan membangun 12 kilometer jalur sepeda terlindungi, serta 63 tempat berbagi sepeda (bike sharing) di sekitar area transit di jalan tersibuk kota.

Artikel Terkait