Dianggap Mata-mata, AS Usir 12 Diplomat Rusia

Forumterkininews.id, Washington – Amerika Serikat mengumumkan pengusiran 12 diplomat Rusia di Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Senin (28/2). Pengusiran ini dilakukan lantaran 12 diplomat tersebut diduga sebagai intelijen yang terlibat spionase.

Tindakan pemerintahan Joe Biden itu terjadi pada hari kelima invasi Rusia ke Ukraina. Dimana aksi Rusia memicu kecaman dari Amerika Serikat dan puluhan negara lain.

“Para diplomat Rusia dianggap menyalahgunakan hak tinggal mereka di Amerika Serikat. Kemudian para diplomat juga diduga terlibat dalam kegiatan spionase yang merugikan keamanan nasional kita,” kata perwakilan AS di PBB, dikutip IndianExpress.

AS tidak menyebutkan nama-nama diplomat Rusia yang diusir. AS juga tidak menyatakan berapa lama mereka akan diberikan tenggat waktu untuk meninggalkan negara itu.

Ketengangan di Ukraina telah berdampak pada berbagai sektor. Seperti negara-negara di Uni Eropa yang sepakat menjatuhkan sanksi ke Rusia. Adapun sanksi tersebut antara lain, larangan pesawat Rusia melintas di udara Uni Eropa.

Tidak hanya itu, beberapa negara juga telah memutuskan hubungan kerjasama dalam hal perdagangan. Dengan demikian Rusia dianggap tidak akan memiliki dana untuk melanjutkan invasinya mencapolok Ukraina.

Artikel Terkait