Rusia Bakar PLTN Ukraina Terbesar di Eropa

Forumterkininews.id, Kiev- Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) Zaporizhzhia di Ukraina, yang terbesar dari jenisnya di Eropa, terbakar pada Jumat pagi (4/3) setelah serangan oleh pasukan Rusia di hari kesembilan invasi mereka ke Ukraina.

Walikota Energodar Dmytro Orlov dalam sebuah postingannya melalui Telegram menyampaikan informasi tersebut. Energodar merupakan kota terdekat dari lokasi PLTN yang terbakar.

“Sebagai akibat dari serangan musuh yang terus menerus terhadap bangunan dan unit pembangkit listrik tenaga nuklir terbesar di Eropa, pembangkit listrik tenaga nuklir Zaporizhzhia terbakar,” katanya dikutip Reuters.

Sebelumnya, pihak berwenang Ukraina melaporkan pasukan Rusia meningkatkan upaya untuk merebut pabrik dan telah memasuki kota dengan tank.

Kantor berita RIA mengutip kementerian energi atom Ukraina yang mengatakan bahwa petugas pemadam kebakaran tidak dapat menangani kobaran api.

“Petugas pemadam kebakaran tidak bisa mulai memadamkan api di pembangkit listrik tenaga nuklir Zaporozhzhia – mereka ditembakkan dari jarak dekat. Sudah ada serangan di unit listrik pertama,” kata badan tersebut mengutip kementerian itu.

“Tentara Rusia menembak dari semua sisi ke PLTN Zaporizhzhia, pembangkit listrik tenaga nuklir terbesar di Eropa,” kata tweet Kuleba.

Ribuan diperkirakan tewas dan terluka sejak serangan Rusia ke Ukraina. Membuat 1 juta orang mengungsi, memukul ekonomi Rusia, dan ketakutan akan konflik yang lebih luas di Barat yang tidak terpikirkan selama beberapa dekade.

Artikel Terkait