KKB Berulah, Mahfud: Papua Harus Dilihat sebagai Keadaan Normal

Forumterkininews.id, Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengatakan situasi di Papua harus dilihat sebagai hal yang normal.

Mahfud berbicara itu ketika ditanya soal langkah pemerintah mengurangi potensi gangguan keamanan di Papua. Terbaru, delapan orang karyawan PT Palapa Timur Telematika (PTT) tewas ditembak Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di BoegaBarat, Kabupaten Puncak, Papua, Selasa (1/3).

“Mengoptimalkan institusi-institusi penegak hukum, institusi penjaga keamanan dan pertahanan tentu saja. Serta menguatkan pemerintahan teritorial, operasi teritorial. Hal tesebut sudah digariskan Presiden, jadi normal kan itu Papua. Papua harus dilihat sebagai keadaan normal. Karena dianggap tidak normal juga tidak produktif, ” kata Mahfud di Mabes Bakamla RI, Jakarta Pusat, Senin (7/3).

Ia mencontohkan Papua dengan wilayah lain yang dianggap normal. Menurutnya, hasil rampasan senjata di Papua jauh lebih sedikit dibandingkan dengan wilayah-wilayah itu.

“Misalnya kita mau rampas senjata, itu cuma dapat berapa, 111 dalam setahun misalnya. Sementara di tempat lain yang normal di Maluku, itu sudah ribuan. Kan sebenarnya di sana itu normal, tinggal bagaimana mengefektifkan institusi-institusi ini agar tidak didramatisir. Karenabanyak yang mendramatisasi di berita,” katanya.

Lebih lanjut, Mahfud juga menyatakan aparat tengah menangani peristiwa delapan karyawan yang meninggal karena tertembak itu.

Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat-Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM) menyatakan bertanggung jawab atas insiden penembakan di Kamp Palapa Timur Telematika (PTT) di Distrik Beoga, Kabupaten Puncak, Papua, Selasa (1/3).

Artikel Terkait