PBB Sebut 1,7 Juta Warga Ukraina Mengungsi ke Eropa Tengah

Forumterkininews.id, Kiev – Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mengklaim lebih dari 1,7 juta warga Ukraina melarikan diri dari invasi Rusia. Sejauh ini mayoritas warga Ukrainan telah menyeberang ke Eropa Tengah.

Polandia menjadi tempat mengungsi komunitas Ukraina terbesar di Eropa Tengah. Dimana negara yang bersebelahan dengan Jerman ini telah menerima lebih dari 1 juta pengungsi Ukraina. Mulai dari pengumuman perang hingga saat ini.

“Ini adalah sejuta tragedi manusia. Satu juta orang diusir dari rumah mereka oleh perang,” tulis dinas penjaga perbatasan Polandia di Twitter, dikutip CNA.

Sebanyak 1.735.068 warga sipil yang kebanyakan perempuan dan anak-anak, karena laki-laki tinggal di rumah untuk berperang – sejauh ini telah melintasi perbatasan ke Eropa Tengah. Orang-orang Eropa Tengah terus menunjukkan dukungan untuk tetangga timur mereka yang dilanda kekacauan sejak invasi Rusia.

Sebelumnya, Bank Dunia melalui dewan eksekutifnya telah menyetujui paket pinjaman dan hibah untuk Ukraina, Selasa (8/3). Paket pinjaman dana hibah ini senilai US$723 juta atau Rp3,9 triliun. Tidak hanya untuk Ukraina, paket pinjaman dana hibah juga diberikan ke negara tetangga yang menjadi lokasi penampungan para pengungsi korban perang.

Artikel Terkait