Gegara Serang Ukraina, Shell Tak Lagi Beli Minyak dan Gas Rusia

Forumterkininews.id, Moskow- Perusahaan energi dunia Shell berhenti membeli minyak dan gas alam Rusia. Mereka juga akan menutup stasiun layanan, bahan bakar penerbangan dan operasi lainnya di negara itu usai invasinya ke Ukraina.

Melansir IndianExprees, perusahaan mengatakan dalam sebuah pernyataan pada Rabu (9/3) bahwa mereka akan menarik diri dari semua hidrokarbon Rusia. Termasuk minyak mentah, produk minyak bumi, gas alam dan gas alam cair, secara bertahap.

“Kami menyadari keputusan membeli kargo minyak mentah Rusia untuk disuling menjadi bensin dan solar bukan keputusan yang tepat. Kami minta maaf,” ujar CEO Shell Ben van Beurden.

Keputusan itu diambil ketika harga minyak yang melonjak telah mengguncang pasar global. Itu juga terejadi hanya beberapa hari usai menteri luar negeri Ukraina mengkritik Shell lantaran terus membeli minyak Rusia.

Sebelumnya, Shell mengatakan terkejut dengan banyaknya korban tewas di Ukraina usai invasi Rusia. Pihak Shell bahkan mengatakan akan mengakhiri usaha patungannya dengan Gazprom, perusahaan minyak dan gas besar yang dikendalikan oleh pemerintah Rusia.

Artikel Terkait