Menteri Tjahjo ke ASN: Tolak Pindah Ke IKN Silakan Keluar

Forumterkininews.id, Jakarta – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), Tjahjo Kumolo menargetkan setidaknya 60.000 ASN pindah ke IKN Nusantara pada 2023 mendatang. Hal itu dikatakan oleh Menteri PANRB Tjahjo Kumolo usai meresmikan MPP Kota Magelang, Jawa Tengah, Kamis (17/3).

Lebih Lanjut ia mengaku terus berkomunikasi dengan Bappenas dan kementerian lembaga untuk memenuhi target itu. Tjahjo menjelaskan hanya kementerian lembaga dan instansi tingkat pusat saja yang dipindahkan ke IKN.

“Semoga infrastruktur dan perumahannya siap. Mereka akan terjangkau dengan perumahan, transportasi dan sebagainya,” kata dia.

Tjahjo menegaskan bahwa ASN yang memenuhi syarat wajib pindah dinas ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. ASN menolak pindah ke IKN Nusantara dipersilakan keluar atau undur diri.

“Hukumnya wajib bagi ASN yang memenuhi syarat, harus pindah. Kalau gak mau pindah, ya keluar,” tegas Tjahjo

Sebelumnya Pemerintah terus menggenjot kehadiran mal pelayanan publik (MPP) di setiap daerah di Indonesia. Hal tersebut dilakukan untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi masyarakat dalam mengurus berbagai layanan publik.

MPP diyakini menjadi salah satu upaya pemerintah dalam melakukan transformasi birokrasi, khususnya dalam area pelayanan publik. Untuk itu, selain menghadirkan fasilitas yang mumpuni dalam MPP, instansi yang bergabung didalamnya juga diminta untuk memberikan pelayanan yang berkualitas kepada masyarakat.

“Melalui kehadiran MPP, kita berupaya mengubah wajah lama birokrasi yang lama dan berbelit-belit menjadi wajah baru birokrasi yang lebih modern dan humanis, serta memberikan kenyamanan bagi masyarakat,” ujar Tjahjo.

Artikel Terkait