Alamak! Italia Gagal ke Piala Dunia 2022

Forumterkininews.id, Palermo – Nasib tragis dirasakan Italia. Juara empat kali Piala Dunia dan pemegang juara Piala Eropa 2020 itu gagal tampil di Piala Dunia 2022 Qatar, setelah dikalahkan Makedonia Utara 0-1 dalam semifinal playoff zona Eropa di Stadio Renzo Barbera, Palermo, Jumat (25/3) dini hari WIB.

Aleksandar Trajkovski menjadi pemain yang menghadirkan malapetaka bagi “Azzurri”. Gol tunggal pemain yang pernah berkiprah di Seri A bersama Palermo itu memupuskan harapan Jorginho dkk. Trajkovski membungkam publik Italia pada menit akhir babak kedua.

Kemenangan ini membuat Makadonia Utara melaju ke final playoff dan akan bertemu Portugal, 29 Maret mendatang. Portugal memastikan diri ke final playoff setelah mengalahkan Turki 3-1.

Di Reno Barbera, penampilan agresif Italia ternyata tak menjadi jaminan mereka mampu menaklukkan Makedonia Utara. Kesulitan membongkar pertahanan lawan jadi kendala Italia memenangkan duelnya.

Kegagalan Italia menembus putaran final Piala Dunia 2022 menjadi catatan buruk beruntun setelah pada Piala Dunia 2018 di Rusia mereka juga gagal. Berstatus juara Eropa, tidak membuat Italia mudah melewati rintangannya.

“Sulit untuk mengomentari pertandingan ini, apalagi melihat gol yang tercipta setelah menit ke-90. Ini adalah tim dengan pemain hebat dan saya minta maaf karena kami tidak pantas mendapatkan hasil ini,” kata pelatih Italia Roberto Mancini seusai pertandingan seperti dikutip dari laman resmi UEFA.

Dia mengungkapkan, terlalu dini untuk berbicara tentang masa depan tim ini, karena yang terpenting saat ini adalah mengevaluasi kekalahan.

“Untuk saat ini saya lebih mencintai para pemain saya dibandingkan saat kami meraih juara Juli lalu. Kekecewaannya sangat besar,” Mancini melanjutkan.

Sementara itu suasana suka cita mewarnai kubu Makedonia Utara setelah kemenangan penting yang membawa mereka ke final playoff.

“Saya senang Trajkovski menciptakan gol. Kami sadar Italia adalah tim besar yang hebat dengan sejumlah gelar juara,” kata pelatih Makedonia Utara, Blagoja Milevski.

BACA JUGA:   Mayat di Rusun Dakota, Saksi: Sebelum Tewas, Korban Terlibat Keributan

Diungkapkan, kunci kemenangan timnya adalah bermain sebagaimana mestinya. “Kami tahu kekuatan kami. Sebelum pertandingan, saya katakan kepada para pemain untuk bersenang-senang. Dan, mereka melakukannya,” ujar Milevski.

 

Hasil Semifinal Playoff:

Wales vs Austria 2-1

Swedia vs Rep Ceko 1-0

Portugal vs Turki 3-1

Artikel Terkait