Puluhan Orang Dibantai, Presiden El Salvador Umumkan Keadaan Darurat

Forumterkininews.id, San Salvador- Gerombolan Gengster melakukan penyerangan di lingkungan  ibu kota San Salvador akhir pekan lalu. Akibat serangan yang dilakukan pada Jumat (25/3) dan Sabtu (26/3) lalu ini  76 orang tewas.

Menanggapi hal ini, pemerintah El Salvador mengumumkan keadaan darurat di seluruh negeri . Melansir Metro.co.uk, Polisi nasional percaya pembunuhan itu adalah ulah beberapa geng jalanan terkenal di negara itu yakni Mara Salvatrucha atau MS-13.

Geng tersebut merupakan geng jalanan yang terkenal dan efektif mengendalikan sejumlah lingkungan di ibu kota San Salvador. Geng telah merusak sejarah El Salvador baru-baru ini, memberikan negara itu salah satu tingkat kejahatan terburuk di dunia. Kongres negara Amerika Tengah itu pun pada akhirnya menyetujui permintaan Presiden Nayib Bukele untuk mengumumkan status darurat pada hari Minggu.

Keputusan tersebut akan menangguhkan jaminan konstitusional kebebasan berkumpul dan melonggarkan aturan penangkapan selama 30 hari, tetapi dapat diperpanjang.

Polisi Nasional El Salvador melaporkan bahwa mereka telah menangkap lima pemimpin Mara Salvatrucha atau MS-13, yang mereka klaim telah memerintahkan pembunuhan pada akhir pekan ini.

Artikel Terkait