MoU Indonesia dengan Malaysia, Jokowi: Jangan Hanya Sebatas Kertas

Forumterkininews.id, Jakarta- Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) Berharap agar Mou antara Indonesia dengan Malaysia dapat direalisasikan di kehidupan nyata. Hal ini disampaikan Jokowi saat menerima PM Malaysia Datok Sri Ismail Sabri Yakoob di Istana Negara, Jakarta, Jumat (1/4).

“MoU ini akan mengatur penggunaan one channel sistem bagi seluruh proses penempatan, pemantauan, dan kepulangan pekerja migran Indonesia. Sehinnga dapat terpantau dengan baik. Pekerja migran Indonesia telah berkontribusi banyak bagi pembangunan ekonomi di Malaysia,” ujarnya seperti dikutip melalui Youtube Setpres.

Mantan Walikota Solo mengatakan, sudah sewajarnya para pekerja migran mendapatkan hak dan perlindungan yang maksimal dari dua negara ini. “Dengan kehadiran PM Malaysia saya yakin Mou ini dapat dilaksanakan dengan baik, dan tidak berhenti di atas kertas saja. Semua pihak harus menjalankannya,” sambungnya.

Jokowi juga berharap kerjasama serupa dapat dilanjutkan di sektor lain antara lain perladangan, pertanian, manufactur, dan jasa. Selain itu kita juga masih melihat maraknya kasus penyelundupan orang.

Oleh karena itu, lanjut kata Jokowi, sepakat untuk mulai membahas Kerjasama penanganan kasus penyelundupan orang termasuk di penegakan hukumnya.

“Hal lainnya kita bahas dalam pertemuan ini adalah mengenai pentingnya penyelesaian negosiasi batas maritime dan batas darat. Dengan sudah mulai dibukanya perbatasan kedua maka sudah saatnya negosiasi ini di intensiffkan,” tukasnya.

Artikel Terkait