Zelenskyy: Dunia Harus Bersiap dengan Serangan Nuklir Rusia

Forumterkininews.id, Kiev – Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan bahwa dunia harus bersiap menghadapi kemungkinan Vladimir Putin dapat menggunakan senjata nuklir dalam perangnya melawan Ukraina.

Zelenskyy mendesak negara-negara untuk menimbun perawatan anti-radiasi serta membangun tempat perlindungan serangan udara. Karana menurutnya, Rusia dapat menggunakan senjata apa pun.

“Senjata kimia, mereka bisa melakukannya, bagi mereka kehidupan rakyat, tidak ada apa-apa,” katanya, dikutip CNN via Metro.co.uk, Senin (18/4).

Selain itu, ia juga menambahkan bahwa negara-negara harus bersiap untuk skenario terburuk.

“Kita seharusnya tidak menunggu saat ketika Rusia memutuskan untuk menggunakan senjata nuklir. Kita harus bersiap untuk itu,”tandasnya.

Sebelumnya, Rusia sudah memperingatkan Amerika Serikat (AS) atas bantuan senjata yang dikirim ke Ukraina. Mereka mengancam akan ada konsekuensi atas dukungan tersebut.

Hal itu disampaikan dua pejabat AS dan sumber lainnya yang mengetahui nota diplomatik dari Rusia ke Departemen Luar Negeri AS. Dalam nota itu, Rusia mengingatkan AS bahwa akan ada ‘konsekuensi yang tidak terduga’ jika dukungan terhadap Ukraina berlanjut.

Melansir CNN, nota yang lebih dikenal sebagai demarche itu dikirim awal pekan ini ketika AS bersiap mengumumkan bahwa mereka akan mengirimkan paket bantuan militer senilai US$800 juta ke Ukraina.

Pemerintahan Amerika untuk pertama kalinya setuju untuk memberi bantuan militer berkekuatan tinggi ke Ukraina seperti 11 unit helikopter Mi-17, 18 unit Meriam Howitzer, dan 300 unit drone switchblade. Sementara beberapa minggu sebelumnya sejumlah pejabat pemerintahan Joe Biden mengatakan bahwa bantuan ini akan menimbulkan eskalasi risiko yang cukup besar.

Artikel Terkait