Rep Ceko Bantu Perbaiki Kerusakan Tank Ukraina Akibat Perang

Forumterkininews.id, Praha- Perusahaan pertahanan Ceko akan memperbaiki tank Ukraina dan kendaraan militer lainnya yang telah rusak dalam pertempuran melawan Rusia.

“Kesalahan kecil atau kerusakan akibat pertempuran akan diperbaiki oleh tentara Ukraina dan upaya industri pertahanan Ukraina sendiri,” kata Kementerian Pertahanan Republik Ceko, Selasa (19/4) dikutip Reuters.

Selain itu, Republik Ceko telah menjadi salah satu negara paling aktif dalam mendukung militer Ukraina dengan sumbangan dan penjualan senjata serta amunisi, termasuk pengiriman tank era Soviet, peluncur roket ganda, howitzer, kendaraan tempur infanteri dan senjata anti-pesawat.

“Bantuan Ceko akan memanfaatkan kapasitas perusahaan industri pertahanan Ceko untuk pekerjaan yang lebih ekstensif, termasuk perbaikan dan membawa peralatan dalam penyimpanan jangka panjang ke layanan,” tambah kementerian.

Disebutkan,  kontrak pertama akan mencakup perbaikan sejumlah tank T-64 era Soviet. Tank T-64 sendiri akan diperbaiki di perusahaan perdagangan dan produksi senjata swasta Czechoslovak Group, yang juga merupakan salah satu sumber peralatan yang dikirim ke Ukraina.

Perbaikan akan dilakukan di fasilitas perusahaan Ceko di Republik Ceko dan Slovakia.

Sebelumnya, Ukraina telah berulang kali meminta Barat untuk memasok alat berat dan amunisi untuk membantunya melawan serangan Rusia.

Sejak melancarkan invasi 24 Februari lalu, negara-negara Barat dan Ukraina menuduh Presiden Rusia Vladimir Putin melakukan agresi tanpa alasan.

Artikel Terkait