Besok, Aliansi Mahasiswa Indonesia Kembali Turun ke Jalan

Forumterkininews.id, Jakarta -Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia (BEM UI) dan Aliansi Mahasiswa Indonesia (AMI), bakal menggelar aksi demonstrasi di sejumlah titik di Jakarta, Kamis (21/4). Demo kali ini membawa tujuh tuntutan.

Koordinator Departemen Sosial dan Politik BEM UI, Melki Sedek Huang mengatakan, pihaknya akan menggelar aksi demonstrasi di kawasan Patung Kuda Arjuna Wijaya, Jakarta Pusat, Kamis (21/4) esok hari.

“Kami akan menggelar aksi besok di patung kuda mulai jam 10, dengan tujuh tuntutan yang kami sebut dengan Tujuh Tuntutan Rakyat,” kata Melki, Rabu (20/4).

Tujuh Tuntutan Rakyat tersebut, jelas dia, termasuk menolak perpanjangan masa jabatan Presiden, menurunkan bahan pokok, dan berbagai polemik lainnya yang disebabkan karena ketidaktegasan, ketidaktepatan kebijakan, dan semrawutnya tata kelola yang dijalankan rezim saat ini.

“Akan ada ribuan mahasiswa se-Indonesia yang bergabung dengan AMI menyuarakan tuntutan-tuntutan ini besok,” imbuhnya.

Hadapi Pendemo, Polisi akan Bersikap Humanis

Mengenai hal tersebut, Polda Metro Jaya mengatakan, siap mengamankan jalannya aksi demonstrasi.

“Polda Metro Jaya siap mengamankan demo besok,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Endra Zulpan, Rabu (20/4).

Mantan juru bicara Polda Sulawesi Selatan itu menyebut, polisi akan memprioritaskan sikap humanis dalam mengamankan jalannya aksi demonstrasi.

“Kita akan bersikap humanis memberikan pelayanan kepada para peserta aksi demo yang akan menyampaikan pendapatnya,” ucap Zulpan.

Karenanya, dia meminta kepada massa aksi untuk kooperatif dalam menggelar aksi demonstrasi. Zulpan berharap, aksi demonstrasi esok dapat berlangsung secara tertib sesuai koridor.

“Kita berharap para peserta aksi bisa tertib dan mengikuti ketentuan sesuai UU Nomor 9 Tahun 1998 dalam menyampaikan pendapatnya. Apalagi saat ini bulan suci Ramadhan. Mari kita jaga bulan yang penuh kesucian ini dengan sikap yang penuh kebaikan,” ungkap dia.

BACA JUGA:   Mayjen Richard Tampubolon Dilantik sebagai Pangdam Patimura

Namun kendati demikian, alumni Akademi Kepolisian (Akpol) tahun 1995 itu tak membeberkan detail ihwal jumlah personel yang akan dikerahkan esok hari.

“Itu belum bisa saya sampaikan ya, intinya kita akan bersikap humanis esok hari,” tandasnya.

Artikel Terkait