Pantauan Terkini: Belum Ada Tanda-tanda Aksi Demo di Patung Kuda

Forumterkininews.id, Jakarta- Situasi di kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat, lokasi yang akan dijadikan titik kumpul guna menggelar aksi unjuk rasa oleh Badan Executive Mahasiswa Universitas Indonesia (BEM UI) dan Aliansi Mahasiswa Indonesia (AMI) terpantau masih sangat kondusif.

Pantuan forumterkininews.id pada Kamis (21/4) sekitar pukul 10:00 Wib belum terlihat tanda-tanda bakal adanya demo mahasiswa. Lalu lintas terpantau lancar di kedua arah.

Di tengah gerimis yang turun membasahi sekitaran Patung Kuda dan Monumen Nasional (Monas) tampak sejumlah mobil water cannon milik polisi berjaga di sekitar lokasi.

Setidaknya ada 4 unit mobil ini disiapkan untuk mengamankan aksi demo. Selain itu terlihat juga barisan water barrier dan security barrier yang telah terpasang. Dari info yang diperoleh, sebanyak 150 personel dari Satuan Brimbo diturunkan di lokasi.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia (BEM UI) dan Aliansi Mahasiswa Indonesia (AMI), bakal menggelar aksi demonstrasi di sejumlah titik di Jakarta, Kamis (21/4). Demo kali ini membawa tujuh tuntutan.

Aparat kepolisian bersiap mengamankan demo BEM SI dan AMI, Kamis (21/4). (Foto: Agung Nugroho)

Baca Juga: Besok, Aliansi Mahasiswa Indonesia Kembali Turun ke Jalan

Koordinator Departemen Sosial dan Politik BEM UI, Melki Sedek Huang mengatakan, pihaknya akan menggelar aksi demonstrasi di kawasan Patung Kuda Arjuna Wijaya, Jakarta Pusat.

“Kami akan menggelar aksi besok di patung kuda mulai jam 10, dengan tujuh tuntutan yang kami sebut dengan Tujuh Tuntutan Rakyat,” kata Melki, Rabu (20/4).

Tujuh Tuntutan Rakyat tersebut, jelas dia, termasuk menolak perpanjangan masa jabatan Presiden, menurunkan bahan pokok, dan berbagai polemik lainnya yang disebabkan karena ketidaktegasan, ketidaktepatan kebijakan, dan semrawutnya tata kelola yang dijalankan rezim saat ini.

“Akan ada ribuan mahasiswa se-Indonesia yang bergabung dengan AMI menyuarakan tuntutan-tuntutan ini besok,” imbuhnya.

BACA JUGA:   Merasa Sudah Kooperatif ACT Sayangkan Sanksi dari Kemensos

Pihak Polda Metro Jaya mengatakan, siap mengamankan jalannya aksi demonstrasi.

“Polda Metro Jaya siap mengamankan demo besok,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Endra Zulpan, Rabu (20/4).

Mantan juru bicara Polda Sulawesi Selatan itu menyebut, polisi akan memprioritaskan sikap humanis dalam mengamankan jalannya aksi demonstrasi.

“Kita akan bersikap humanis memberikan pelayanan kepada para peserta aksi demo yang akan menyampaikan pendapatnya,” ucap Zulpan.

Karenanya, dia meminta kepada massa aksi untuk kooperatif dalam menggelar aksi demonstrasi. Zulpan berharap, aksi demonstrasi esok dapat berlangsung secara tertib sesuai koridor.

 

Artikel Terkait