9.915 Personil Gabungan Kawal Demo Mahasiswa dan Buruh

Forumterkininews.id, Jakarta – Polda Metro Jaya mengerahkan 9.915 personel gabungan untuk mengawal aksi demo mahasiswa, Kamis (21/4). Pasalnya gabungan mahasiswa dan buruh akan menggelar demo di tiga lokasi. Tiga lokasi tersebut yakni Gedung DPR RI, Patung Kuda serta Monas.

“Personel gabungan tersebut terdiri dari Polri TNI, dan Satpol PP,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan.

Endra mengatakan, massa yang akan berunjuk rasa berasal dari kalangan buruh dan mahasiswa. Salah satunya Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Indonesia (UI).

“Kalau dari pemberitahuan itu sekitar 800 sampai 1.200 yang kami terima di lapangan,” katanya.

Lebih lanjut Zulpan mengatakan selain mengerahkan ribuan personel, pihaknya juga melakukan penjagaan ketat dengan menyaring sejumlah ​elemen masyarakat dan mahasiswa yang hendak melakukan demonstrasi.

“Kegiatan filterisasi ini tujuannya menghindari penyusupan orang lain yang bukan kelompok atau elemen pengunjuk rasa,” kata Zulpan di Monas, Jakarta, Kamis (21/4).

Dia menjelaskan, ada tujuh elemen masyarakat dari buruh dan mahasiswa yang sudah memberikan pemberitahuan terkait demonstrasi. Apabila ada massa di luar tujuh elemen itu, pihaknya akan mencegah pergerakannya untuk ikut bergabung dengan elemen masyarakat yang sudah melakukan pemberitahuan kepada polisi.

Sedangkan kepada elemen masyarakat yang sudah memberikan pemberitahuan kepada aparat, pihaknya akan memberikan pengawalan dan pendampingan dari titik kumpul hingga ke lokasi unjuk rasa.

Ia menambahkan, pemberitahuan kepada Kepolisian untuk berunjuk rasa sesuai dengan Undang-Undang Nomor 9 Tahun 1998 tentang Kemerdekaan Menyampaikan Pendapat di Muka Umum.

Masyarakat yang akan berunjuk rasa, kata dia, sesuai aturan wajib memberitahukan kepada Kepolisian 3×24 jam sebelum unjuk rasa.

“Kepada mereka yang tidak memberikan pemberitahuan, kami harap tidak ikut bergabung dalam aksi hari ini agar tidak menjadi persoalan bagi kelompok lain yang sudah melakukan pemberitahuan,” katanya.

BACA JUGA:   DPR: Revisi UU ASN Jamin Nasib Tenaga Honorer

Sebelumnya Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo sebelumnya berujar, kepolisian mendapatkan informasi soal rencana aksi demonstrasi yang berlangsung di tiga lokasi di Jakarta pada Kamis ini.

 

Artikel Terkait