Unggul 58 Persen, Emmanuel Macron Kembali Pimpin Prancis 

Forumterkininews.id, Paris- Presiden Prancis Emmanuel Macron kembali memenangkan pemilihan presiden Prancis dalam Pemilu Presiden yang digelar, Minggu (24/4). Macron mengalahkan rivalnya dari sayap kanan, Marine Le Pen.

Melansir CNA, Macron memenangkan sekitar 58 persen suara di putaran kedua dibandingkan dengan Le Pen dengan 42 persen.

Macron adalah presiden Prancis pertama yang memenangkan masa jabatan kedua selama dua dekade.

Presiden berusia 44 tahun itu menghadapi serangkaian tantangan dalam masa jabatan keduanya, dimulai dengan pemilihan parlemen pada Juni, di mana mempertahankan mayoritas akan sangat penting untuk memastikan dia dapat mewujudkan ambisinya untuk mereformasi Prancis.

Dalam pidato kemenangan di Champ de Mars di pusat kota Paris di kaki Menara Eiffel, Macron bersumpah untuk menanggapi kemarahan para pemilih yang mendukung saingan sayap kanannya, dengan mengatakan masa jabatan barunya tidak akan terus berubah dari lima tahun terakhir.

“Jawaban harus ditemukan atas kemarahan dan ketidaksepakatan yang menyebabkan banyak rekan senegara kita memilih sayap kanan ekstrim. Ini akan menjadi tanggung jawab saya dan orang-orang di sekitar saya,” katanya kepada ribuan pendukung yang bersorak.

Dia juga menjanjikan metode baru untuk memerintah Prancis, menambahkan bahwa era baru ini tidak akan menjadi kelanjutan dengan masa jabatan terakhir yang sekarang berakhir.

 

Artikel Terkait