Miris, ASDP Merak Hanya Punya 8 Kapal untuk Layani Ribuan Kendaraan

Forumterkininews.id, Jakarta – Penumpukan kendaraan yang terjadi di pelabuhan Merak membuat pemudik terbengkalai. Pasalnya ribuan kendaraan yang hendak menyebrang ke pelabuhan Bakaheuni harus tertahan berjam-jam di pelabuhan Merak. Menanggapi hal ini, PT ASDP memberi klarifikasi dan menjelaskan soal jumlah kapal di Pelabuhan Merak.

Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero), Shelvy Arifin menegaskan, ASDP tidak pernah menjanjikan pengoperasian 69 kapal di Merak-Bakauheni pada pelayanan angkutan Lebaran 2022.

Kemudian Shelvy mengaku pihaknya sudah berupaya maksimal untuk mengurai kemacetan. Salah satunya dengan menambah operasional kapal.

Selanjutnya, Shelvy meminta kepada para pemudik untuk bersabar. Karena tidak ada yang bisa dilakukan lagi setelah menambah operasional kapal.

“ASDP tidak pernah menjanjikan pengoperasian 69 kapal di Merak-Bakauheni pada layanan Angkutan Lebaran Tahun 2022. Karena ASDP bukan sebagai pihak yang berwenang dalam pengaturan dan penjadwalan kapal,” ujar Shelvy dalam keterangan resmi, Kamis (28/4) malam.

Lebih lanjut Shelvy mengatakan pengaturan dan penjadwalan kapal yang beroperasi di Merak-Bakauheni merupakan kewenangan Kemenhub. Dalam hal ini adalah Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Kementerian Perhubungan selaku regulator.

“Untuk Pelabuhan Banten berada di bawah koordinasi BPTD Wilayah VIII Provinsi Banten,” ujarnya.

Soal jumlah kapal yang beroperasi Shelvy mengatakan, ASDP hanya memiliki 8 unit kapal yang beroperasi di lintasan tersibuk di Pulau Jawa ini. Di mana dalam kondisi normal dioperasikan sebanyak 29 unit kapal di Pelabuhan Merak. 21 Kapal merupakan milik swasta.

“Saat Angkutan Lebaran 2022 , dilakukan penambahan kapal yang beroperasi harian sebanyak 40 unit.

Penambahan kapal ini dilakukan untuk mengurai antrean yang terjadi di Pelabuhan Merak pada periode Mudik Angkutan Lebaran Tahun 2022.

Sementara itu pihak Ellenor Piri Corporate Communications mengatakan ASDP itu operator

BACA JUGA:   Berseteru dengan Rhoma Irama, Ini Potret Cantik Istri Habib Bahar bin Smith

“Yang menentukan dan menjadwalkan kapal operasi itu regulator, ” pungkasnya kepada Forumterkininews, Jumat (29/4).

Artikel Terkait

Dibongkar Nikita Mirzani, Vadel Badjideh Ternyata Baru Bebas dari Penjara

Nikita Mirzani serius akan menjebloskan Vadel Badjideh, kekasih putrinya,...

Mengenal Marga Badjideh, Apa Benar Keturunan Nabi Muhammad SAW?

FT News - Nikita Mirzani bersikap tegas dengan membawa...

Laporkan Vadel Badjideh, Nikita Mirzani Bawa Lolly ke Polres Jaksel buat Diperiksa

Nikita Mirzani membawa anaknya, Laura Meizani Nasseru Asry alias...