Dermaga dan Kapal Penyeberangan dari Merak Ditambah

Forumterkininews.id, Jakarta- Puncak arus mudik lebaran tahun ini terlihat jelas dengan adanya penumpukan kendaraan di Pelabuhan Merak pada Kamis (28/4) dan Jumat (29/4).

Untuk mengurangi  adanya penumpukan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan menambah dermaga dan kapal penyeberangan guna mengurai kemacetan dan mempercepat pengangkutan penumpang saat mudik Lebaran.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi, mengatakan telah menyediakan dua dermaga tambahan di luar yang dimiliki oleh PT ASDP Indonesia Ferry (Persero), yakni Indah Kiat yang dikelola oleh Pelindo, dan Bojonegara.

“Pihaknya juga bersama Menteri Perhubungan (Menhub) untuk melakukan penambahannya tersebut di Pelindo dan ASDP Indonesia Ferry. Terkait ASDP untuk saat ini jumlah kapalnya yang siap sekitar 68 unit, ” ujar Budi Setiyadi kepada Forumterkininews di Jakarta, Sabtu (30/4).

Dikatakan Budi, saat ini masih mencarikan solusinya dan akan mengatasinya hingga arus balik nanti. Menurutnya, untuk jumlah kapal di ASDP Indonesia Ferry belum mengetahui secara jelas berapa kapal yang telah dimilikinya.

“Dengan cara penambahan satu dermaga dan kapal untuk mengatasi peningkatan vplumenya. Karena kapasitasnya tidak mampu dan supredimensinya tidak seimbang,” pungkas Budi.

 

Artikel Terkait