Hingga Kamis Siang, Pemudik Roda Dua Belum Padati Jalan Raya Pantura

Forumterkininews.id, Karawang – Sejumlah pemudik roda dua atau pengguna sepeda motor masih belum memadati Jalan Raya Pantura yang melintasi Karawang, Jawa Barat.

Berdasarkan pantauan forumterkininews.id di lapangan, baru beberapa pemudik roda dua yang sudah kembali ke Jakarta yang melewati jalan arteri di Karawang, sehingga belum terjadi kepadatan kendaraan pada Kamis (5/5) ini sejak pukul 09.00 hingga pukul 12.00 WIB.

Diperkirakan puncak arus balik lebaran 2022 akan terjadi pada Jumat (6/5) hingga Minggu (8/5), baik roda dua maupun roda empat yang melalui jalan tol. Sebab pada Senin (9/5) pekan depan, sudah mulai aktif kembali bekerja.

Salah satu pemudik roda dua dari Brebes, Jawa Tengah, mengatakan bahwa alasan hari ini kembali ke Jakarta, untuk menghindari kemacetan panjang di jalan pada saat puncak arus balik lebaran. Ia pun bersama anak dan istrinya memilih kembali lebih cepat ke Jakarta dengan kondisi perjalanan sangat lancar dan ramai.

“Kalau saya kembali ke Jakarta pada Sabtu-Minggu, pasti terkena macet, karena saking banyaknya kendaraan roda yang memadati jalan raya Pantura,” katanya saat ditemui di jalan arteri Karawang, tepatnya di Jalan Baru, Kamis (5/5).

Sementara untuk pantauan di Jalan Tol Jakarta-Cikampek pada hari ini, pukul 09-00 hingga pukul 10.00 WIB kendaraan pemudik roda empat masih terlihat ramai lancar. Namun diperkirakan akan mengalami kepadatan kendaraan pada siang hari.

Hal tersebut berdasarkan prediksi dari pihak kepolisian, yang akan melakukan rekayasa lalu lintas.

“Demi keamanan dan keselamatan serta kelancaran arus balik, akan diberlakukan rekayasa lalu lintas One Way,” kata Kabag Ops Korlantas Polri, Kombes Eddy Djunaedi dalam keterangannya, Kamis (5/5).

Menurutnya, One way diberlakukan pada Kamis, 5 Mei 2022 sejak pukul 11.00 sampai 24.00 Wib, yang dimulai dari Gerbang Tol (GT) Palimanan Utama di kilometer (KM) 188 hingga di km 72 Cikampek.

BACA JUGA:   Konten Kreator Laurend Hutagalung Lapor Polisi Usai Diamuk Massa di Tebet

“Dan dilanjutkan contra flow hingga di Tol Jakarta Cikampek km 47,” sambung Eddy.

Kemudian, kata Eddy, kendaraan yang akan mengarah ke Bandung dan Cikampek diberikan relaksasi satu lajur.

Artikel Terkait