Krisis Berujung Kerusuhan, PM Sri Lanka Akhirnya Mundur

Forumterkininews.id, Kolombo-  Perdana Menteri Sri Lanka Mahinda Rajapaksa mengundurkan diri pada Senin (9/5) ketika protes keras antara pendukungnya dan orang-orang anti-pemerintah pecah di ibu kota negara itu.

Melansir Xinhua, pejabat pemerintah mengatakan perdana menteri telah menyerahkan surat pengunduran dirinya kepada Presiden Gotabaya Rajapaksa pada Senin sore.

“Beberapa saat yang lalu, Perdana Menteri Mahinda Rajapaksa mengirimkan surat pengunduran dirinya kepada Presiden Gotabaya Rajapaksa,” kata pernyataan itu, dikutip dari Reuters.

Dalam surat itu, PM Rajapaksa mengatakan dia berhenti untuk membantu membentuk pemerintah persatuan sementara.

“Banyak pemangku kepentingan telah menunjukkan solusi terbaik untuk krisis saat ini adalah pembentukan pemerintah semua partai sementara,” kata surat itu.

“Oleh karena itu, saya telah mengajukan pengunduran diri saya agar langkah selanjutnya dapat diambil sesuai dengan Konstitusi.”

Baca Juga : IMF Desak Sri Lanka Naikkan Pajak untuk Bayar Utang

Selain itu, menyusul pengunduran diri perdana menteri, beberapa menteri kabinet termasuk menteri kesehatan juga mengajukan pengunduran diri mereka.

Seperti diketahui,  bentrokan keras terjadi di antara pengunjuk dengan petugas keamanan. Akibatnya 80 orang dirawat di rumah sakit selama demonstrasi besar-besaran yang terjadi di negara.

Baca Juga : Krisis Ekonomi, Koran Sri Lanka Kurangi Halaman dan Edisi

Artikel Terkait