Korupsi Ekspor CPO, Lin Che Wei dan Ketua Asosiasi Pedagang Diperiksa Kejagung

Forumterkininews.id, Jakarta – Tim penyidik Kejaksaan Agung (Kejagung) memeriksa dua orang saksi dalam perkara korupsi pemberian fasilitas ekspor Crude Palm Oil (CPO).

Kedua orang saksi yang diperiksa, yakni, LCW (Lin Che Wei) Penasehat Kebijakan/Analisa pada Independent Research & Advisory Indonesia. Kemudian dan NS (Nandang Sudrajat) Ketua Dewan Pimpinan Wilayah Asosiasi Pedagang.

“Keduanya diperiksa terkait perkara dugaan tindak pidana korupsi dalam pemberian fasilitas ekspor Crude Palm Oil (CPO) dan Turunannya pada bulan Januari 2021 sampai dengan Maret 2022,” kata Kapala Pusat Penerangan Hukum Kejagung, Ketut Sumedana dalam keterangannya, Rabu (11/5).

Kata dia, kedua orang saksi yang diperiksa untuk memberikan keterangan terkait perkara korupsi ekspor CPO yang Dirjen Perdagangan Luar Negeri, Kementerian Perdagangan .

Lebih lanjut dikatakannya, kedua saksi diperiksa untuk memperkuat pembuktian dan melengkapi pemberkasan perkara tersebut. Dimana dugaan korupsi terkait pemberian fasilitas ekspor Crude Palm Oil (CPO) dan Turunannya terjadi pada Januari 2021 sampai Maret 2022.

Diketahui, tim jaksa penyidik Kejagung terus lakukan pendalaman dan pengecekan DMO minyak goreng 20% di seluruh wilayah Indonesia. Tim berkoordinasi dengan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) RI dan ahli ekonomi. Serta permintaan keterangan ahli untuk penghitungan kerugian keuangan negara atau perekonomian Negara.

Para tersangka melakukan perbuatan melawan hukum. Yakni bekerja sama secara dalam penerbitan izin Persetujuan Ekspor (PE).

Artikel Terkait

Bayaran Selangit! Ini Profil Fahmi Bachmid, Pengacara Baim Wong

Fahmi Bachmid adalah seorang pengacara yang namanya sudah tidak...

Ratu Entok Resmi Jadi Tersangka Penistaan Agama, Polisi: Sudah Ditahan

FT News - Polda Sumut akhirnya menetapkan status tersangka...

Rumah Wartawan Dibakar Pengedar Narkoba di Sumut, 2 Orang Ditangkap

FT News - Polisi mengungkap kasus pembakaran rumah dan...

Usai Ditangkap, Ratu Entok Jalani Pemeriksaan di Polda Sumut

FT News - Polisi telah mengamankan selebgram asal Medan,...