Kompak! Finlandia dan Swedia Daftar NATO Bersamaan

Forumterkininews.id, Brussels- Finlandia dan Swedia secara resmi mendaftar untuk bergabung dengan aliansi Pakta Atlantik Utara (NATO) pada Rabu (18/5).

Netral selama Perang Dingin, keputusan Swedia dan Finlandia bergabung ke NATO adalah salah satu perubahan paling signifikan dalam arsitektur keamanan Eropa selama beberapa dekade.

“Ini adalah momen bersejarah yang harus kita ambil,” kata Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg saat Finlandia dan Swedia menyerahkan surat lamaran mereka, dikutip AP.

Baca Juga : Fix! Finlandia Gabung NATO 

“Saya menyambut hangat permintaan Finlandia dan Swedia untuk bergabung dengan NATO. Anda adalah mitra terdekat kami, dan keanggotaan anda di NATO akan meningkatkan keamanan bersama,” kata Stoltenberg lagi.

Aliansi tersebut menganggap aksesi Finlandia dan Swedia akan sangat memperkuatnya di Laut Baltik.

Dengan aplikasi yang diajukan secara resmi, negara-negara Nordik dan banyak pendukung mereka sekarang menghadapi bulan-bulan yang tidak pasti di mana setiap penolakan terhadap tawaran mereka perlu diatasi, dengan 30 anggota NATO perlu menyetujui perluasan. Dan persetujuan oleh semua parlemen sekutu bisa memakan waktu hingga satu tahun.

Baca Juga : Tegas! Turki Tolak Finlandia dan Swedia Gabung ke NATO

Artikel Terkait