AS Laporkan 180 Kasus Hepatitis Akut pada Anak

Forumterkininews.id, California- Sebanyak 180 anak dengan hepatitis akut yang penyebabnya tidak diketahui telah dilaporkan dari 36 negara bagian dan teritori AS pada Rabu, (18/5).

Data terbaru dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS, jumlah tersebut merupakan peningkatan 71 kasus dari 109 kasus yang dilaporkan CDC pada 5 Mei.

Melansir Xinhua, CDC juga mengungkapkan tidak ada kematian yang dilaporkan sejak Februari 2022. Dan proporsi pasien anak yang membutuhkan transplantasi hati telah turun dari 15 persen menjadi 9 persen sejak 5 Mei.

Baca Juga : Fakta-fakta Hepatitis Akut, Wabah Misterius yang Serang Anak-anak

“Belum jelas apa yang mendorong kasus-kasus ini pada anak-anak. Dan Adenovirus (hepatitis akut) telah terdeteksi pada hampir separuh anak-anak dan terus menjadi penyebab utama,” kata CDC.

Saat ini tes laboratorium lebih lanjut sedang dilakukan. Hal ini untuk melihat lebih dekat pada genom virus dan patogen potensial lainnya, seperti SARS-CoV-2.

CDC terus memeriksa kemungkinan penyebabnya. Termasuk menguji dan mengesampingkan beberapa virus yang biasanya menyebabkan hepatitis. Seperti hepatitis A, B, C, D, dan E.

Selain itu, badan tersebut berkomunikasi dengan kelompok medis utama dan terus memberikan pelaporan terbaru dan panduan laboratorium untuk dokter yang mungkin mengidentifikasi hepatitis dengan penyebab yang tidak diketahui pada anak-anak.

“Penting untuk dicatat bahwa hepatitis parah pada anak-anak tetap jarang terjadi. Namun, kami mendorong orang tua dan pengasuh untuk mewaspadai gejala hepatitis terutama penyakit kuning,”tandas CDC.

Artikel Terkait