Peresmian JIS Jadi Puncak Peringatan HUT ke-495 DKI Jakarta

Forumterkininews.id, Jakarta - “Jakarta Hajatan” menjadi tajuk perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) DKI Jakarta ke-495. Perayaan ini akan berlangsung mulai, Selasa (24/5- 25/6) mendatang. Adapun tema dari HUT kali ini adalah membawa tema “Kolaborasi, Akselerasi, Elevasi

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi DKI Jakarta Marullah Matali mengatakan, tema ini merupakan pesan optimisme seluruh elemen di kota, maupun dunia atas ragam usaha yang telah, sedang,dan akan terus dilakukan Jakarta ke depan. Sekaligus merefleksikan kembali semangat kolaborasi yang sudah dikumandangkan sejak lima tahun lalu.

“Hal tersebut dilakukan dengan dasar semangat kolaborasi sebagai identitas kota Jakarta. Kemudian semangat mendorong pertumbuhan guna menghadapi ragam isu global (Akselerasi) untuk mewujudkan visi mengelevasi warga, maupun kota di tingkat global,” kata Sekda Marullah, Senin (23/5) di Balairung, Balaikota Jakarta.

Marullah menerangkan, “Jakarta Hajatan” hadir sebagai branding baru untuk hari ulang tahun DKI Jakarta. Branding ini akan bersifat berkelanjutan dari tahun ke tahun pada setiap perayaan HUT Jakarta.

Menurutnya kata ‘Hajatan’ memiliki makna selebrasi yang kental dengan nuansa Indonesia. Yaitu resepsi atau selamatan akan sebuah pencapaian. Seluruh rangkaian acara Jakarta Hajatan ke-495 akan melibatkan berbagai lapisan masyarakat sebagai kolaborator serta tamu-tamu undangan mancanegara.

Rangkaian Jakarta Hajatan

Rangkaian perayaan Jakarta Hajatan ke-495 akan dibuka dengan “Pencanangan Jakarta Hajatan ke-495 (Opening Ceremony: Jakarta’s 495th Anniversary Celebration & Digital Nomad Island Launching)” di Pulau Bidadari, Kepulauan Seribu, Selasa, (24/5). Masyarakat dapat menyaksikan acara pembukaan ini melalui siaran langsung YouTube Pemprov DKI Jakarta pukul 08.00 WIB.

Setelah pembukaan, Jakarta Hajatan diisi berbagai acara yakni, Jakarta Weekend Walking, Cycling and Running Tour, Jakarta International Java Jazz, Upacara Ziarah Taman Makam Pahlawan, Upacara Peringatan HUT Ke-495 Kota Jakarta, +Jakarta Concert di Taman Ismail Marzuki (TIM). Selanjutnya Pekan Kolaborasi Daerah, Formula-E, +Jakarta Awards & Malam Resepsi. Serta pagelaran dan perayaan lainnya, seperti aktivasi mural wilayah, instalasi, pertunjukkan musik, pameran.

BACA JUGA:   Lebih dari 951 Ribu Kendaraan Pemudik Telah Tinggalkan Jabodetabek

Jakarta Hajatan ke-495 ditutup dengan Closing Ceremony dengan Grand Launching Jakarta International Stadium (JIS) Sabtu, (25/6). Sejumlah penyanyi ternama di Indonesia direncanakan hadir untuk turut menyemarakkan acara ini.

Artikel Terkait