Sebanyak 20 Negara Tawarkan Bantuan Senjata untuk Ukraina 

Forumterkininews.id, Kiev – Sebanyak 20 negara menawarkan paket bantuan keamanan baru bagi Ukraina untuk memerangi invasi pasukan Rusia ke negara itu dalam pertemuan sekutu, Senin (23/5). Demikian dikatakan Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin.

Dalam pertemuan sekutu Ukraina tersebut puluhan negara dan organisasi yang membentuk Grup Kontak Pertahanan Ukraina bertemu secara online untuk membahas bantuan Ukraina, dan 20 negara menjanjikan senjata, amunisi, dan pasokan lain.

Pertemuan dipimpin Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin dan diberi pengarahan oleh Menteri Pertahanan Ukraina Oleksiy Reznikov tentang situasi perang tiga bulan saat ini.

“Hari ini, bersama dengan Menteri Reznikov dan timnya, kami memperoleh pemahaman yang lebih tajam dan sama tentang persyaratan prioritas Ukraina dan situasi di medan perang,” kata Austin, dikutip CNA.

“Banyak negara menyumbangkan amunisi artileri yang sangat dibutuhkan, sistem pertahanan pantai dan tank serta kendaraan lapis baja lainnya,” ujarnya .

Yang lain, tambahnya, menawarkan pelatihan untuk militer Ukraina.

Austin tidak akan memberikan perincian tentang apa yang termasuk dalam paket bantuan baru AS senilai 40 miliar dolar AS untuk Ukraina, di tengah spekulasi bahwa itu dapat mencakup roket jarak jauh presisi tinggi yang dapat digunakan untuk menghantam wilayah Rusia.

Artikel Terkait